Asyiknya Belajar Tentang Pertanian Bersama Menthilis

Yuk Bertani!
Asyiknya Belajar Tentang Pertanian Bersama Menthilis

Assalamua’alaikum teman-teman….

Ssstt… jujur yaaa… Umi lagi “sok sibuk” nih, jadi Humaidahnya lagi jarang diajak main ini itu, kecuali mengerjakan lembar kerja majalah dan pretend play di rumah. Apalagi pas kemarin Humaidah kena batuk pilek, untuk anak yang sukanya lari sana sini, Umi cukup kehabisan ide mau ajak dia main apa. Kebetulan ada Paket Menthilis ini dan temanya adalah Pertanian. Alhamdulillah, Humaidah itu penggemar sayur dan buah, makanan sehat dan insyaAllah bebas alergi. Dan kali ini Humaidah bisa belajar tentang pertanian, terutama dari mana sih asal muasal sayur dan buah yang ia konsumsi sehari-hari. Umi share disini ya…. Continue reading

Bermain dengan Daun

Daun adalah parik makanan, di daunlah tumbuhan memasak makanannya lalu dibagikan ke seluruh bagian tumbuhan… Pertanyaan Humaidah? Siapa yang masak mi? 🙂

Dari buku Ensiklopedi Bocah Muslim jilid Tumbuhan, Umi mendapatkan sebuah aktivitas yang menarik untuk dipraktekkan bersama Humaidah, yaitu membuat Urat Daun. Bahan yang diperlukan hanya beberapa lembar daun yang bentuknya berbeda-beda, kertas, dan pensil warna. Caranya hanya dengan melapis daun denga kertas dan mewarnai di atas kertas, maka akan terlihat bentuk urat daun yang indah. Aktivitas lainnya yaitu mengecat dengan daun… Selamat mencoba ya…

Vivi Nafisah

Membuat Hujan

Seminggu yg lalu Umi dan Humaidah mencoba eksperimen sederhana ini. Ketika umi ajak Humaidah bikin hujan dia langsung semangat. Yang diperlukan pada percobaan ini adalah  2 buah wadah bening / kaca berukuran berbeda. Yang dibawah adalah wadah besar (usahakan yang bening) berukuran besar dan tinggi diisi air mendidih dan yang atas berukuran kecil bisa atau bisa lebih lebar dan diisi es batu.

Humaidah menyaksikan dan menunggu hujannya menetes dengan sangat happy dan serius… Sambil diceritakan proses terjadinya hujan dengan sederhana dan siapakah pencipta hujan? Untuk apa Allah menciptakan hujan?, dll. Boleh dicoba deh… Yg pasti dia juga seru pegangin es batunya… Hihi…

Eksperimen tentang HujanVivi Nafisah

The Menthilis Project: Bermain dengan Serangga

Alhamdulillah, Humaidah dapat kiriman paket “The Menthilis Project” dari teman umi, Ammah Nisa. Sebelum membuka paket ini Humaidah udah girang banget sampe umi ditarik2, dia udah gak sabar kayaknya. Ketika dibuka, beeuuhh langsung heboh dikeluarin semua sama dia. Bismillah, kita mulai project ini yaah Nak…. ohya tema perdana ini adalah “Bermain dengan Serangga”.

Kebun Anak Jempolan oleh Humaidah & Umi
Kebun Anak Jempolan oleh Humaidah & Umi

Apa aja isi paket “The Menthilis Project” perdana ini? Continue reading

Coloring with Pippet

Sebenarnya ini cuma sekadar aktivitas dadakan, kebetulan ada pipet dari obat batuk yang tidak terpakai, saya mau mengajak Humaidah mewarnai bola2 kapas. Pewarnanya menggunakan pewarna makanan yang ditambahkan air. Walhasil, Humaidah senengg bangettt, dia mencampur2kan warna di kapas dan menebak warna baru yang dihasilkan. Selain bikin Humaidah anteng, pipet yang digunakan  juga untuk melatih motorik halusnya karena ia harus memencet2 pipetnya.

Coloring with Pippet

Vivi Nafisah

Sensory Bottles

Sensory Bottles ini sebenarnya diperuntukkan untuk bayi, tapi Humaidah juga suka juga, cuma untuk anak yang sudah bisa membuka botol, tutupnya harus dilem biar ga ditumpah2in .. hehe …

Sensory BottlesMengisi botol dengan beberapa materi, anak bisa belajar banyak untuk panca inderanya. Isinya bebas aja kok, mau diisi tanpa air juga bisa, kalau dikocok2 sama anaknya akan mengeluarkan bunyi yang berbeda2, misalnya beras, butiran jagung, pompom, dll.

Selamat Mencoba ya…

Vivi Nafisah