Kenapa Bayi Menghisap Jari?

Humaidah suka gemes banget liat adeknya yang 4 bulan ini makin2 menghisap jarinya. Sampai2 suka ngelarang dan ditarik tangannya. Gak cuma Hum, uminya juga sih.

Terus kenapa ya Adik bayi ini getol banget menghisap jari? Akhirnya kita cari tahu dan dapat beberapa jawaban. Diantaranya adalah:

♡ Pada usia 0-18 bulan bayi memasuki fase oral. Jadi, dia akan merasa puas kalau menghisap/menggigit jarinya bahkan sampai memasukkan hampir seluruhnya.
♡ Fase oral ini bermanfaat untuk menguatkan otot rahangnya dan membantunya nanti ketika mengunyah makanan.

♡ Kenapa gak boleh dilarang? Karena jika fase ini tidak terpuaskan maka fase ini akan berkepanjangan, berlangsung lebih lama. Misalnya dengan makan yang berlebihan atau memasukkan benda2 ke dalam mulutnya.

♡ Apa gigit2 ini karena mau tumbuh gigi? Ya gak juga, mass anak 2 bulan udah mau tumbuh gigi.

♡ Bagaimana dengan empeng? Kalau nanya ke dr Rastra, dsa nya Ahmad, jawabnya lebih baik jangan. Dan apa perlu disegerakan makannya? Ngga juga, tunggu sampai 6 bulan aja.

♡ Jadi, nikmati aja gitu dengan selalu memperhatikan benda2 di sekitar bayi, jaga kebersihan sekitar dan sering mencucikan tangan si bayi.

Jawaban ini, kudapat dari baca artikel @theasianparent_id dan nonton youtubenya @drtiwi dan juga nanya ke dsanya Ahmad, dr Rastra

Maaf ya kalau ada salah2…selamat menikmati acem2nya jarinya yang basah abis dinyot2. Hehe ❤

Salam

Vivi Nafisah

Belajar Tari & Menjaga Kesehatan Rambut di KidZania

Zupervisor di Johnson’s® Shiny Drops Dance Studio

Semua ibu pasti ngerasain ini, anaknya baru aja keramas, terus main, terus cium, terus kok udah acemm lagi… Hihi, walaupun gak bisa dipungkiri yaa acemnya ituu sedeppp beneeer. Ya kan bu ibu? Tapi kalo saya suka kasihan sama Humaidah, beberapa kali ganti shampo tapi emang belum ketemu yang cocok, kalo keringetan itu kepalanya digaruk-garuk apalagi kalau pas aktivitas di luar dan pakai jilbab.

Nah, kebetulan dapat undangan Continue reading

Pentingnya Merawat Gigi Anak Sejak Dini

Gambar dari sini
Gambar dari <a href="http://sini

Gigi adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling berharga dan harusnya sangat disayang-sayang. Bayangkan saja kalau tiba-tiba sakit gigi, aduh rasanya semua serba gak enak, ya kan? Saya termasuk orang yang sudah banyak kehilangan gigi. Sejak kecil sudah langganan ke dokter gigi dan entah kenapa banyak yang dicabut. Jadi, belum tua-tua banget saya udah kayak nenek-nenek. Kenapa ya?

Continue reading

Anak Alergi Anak Sehat Kok!

Saya menulis ini lagi-lagi untuk diri sendiri. Pastinya juga bersyukur jika bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami hal yang sama. Walaupun sudah dua tahun saya menjalani “diet allergen” untuk Humaidah, tapi seringkali saya “galau” lho! Seperti beberapa hari yang lalu, saya sampai menangis curhat sama suami. Akhirnya dipeluklah saya, makin kejer lah tangis saya. Kenapa? Continue reading

Growing Pain pada Balita, Harus Bagaimana?

girls-jumping-rope
Gambar dari sini

Pernahkah balita teman-teman menangis atau meringis ketika tidur di malam hari sambil mengatakan bahwa kakinya sakit? Seingat saya, dalam satu tahun belakangan, Humaidah mengalami ini sekitar 3 kali. Pertama, hanya meringis dan bilang, “Aduh, kaki Indah sakit”, lalu saya pijat-pijat betisnya dan ia kembali tertidur. Kedua, Humaidah meringis dan minta dipijitin, “Mi, kaki Indah sakit, pijitin dong!”, mungkin Humaidah ingat kalau sebelumnya ia mendapat treatment ini. Ketiga, ini sepertinya kejadian yang paling drama. Humaidah bangun

Continue reading

Tindik Pada Anak Perempuan, Perlukah?

“Sakit …. Sakit…. Sakitt”, teriak dan tangis gadis kecil yang dipegangi erat oleh ibunya dan dibalas bentakan “Diam.. Diam!”…

Kenapa saya harus melihat kejadian itu?? Kenapa saya harus melihat seorang balita 3 tahunan menjerit-jerit di Pasar karena alasan yang cukup menyedihkan!

Gambar dari sini
Gambar dari sini

Maaf sebelumnya karena saya menulis ini masih dengan emosi … Tapi, siapa pun (mungkin) juga akan sama emosinya. Emosi bukan hanya kesal dan marah tapi sedih luar biasa. Sedih ketika saya harus membayangkan kembali wajah gadis kecil itu. . Dia berteriak kesakitan kepada ibunya, mengharap ibunya mengasihaninya dan tidak tega melanjutkan “tindik telinga” tetapi malah membalas dengan bentakan… Saya sampai menangis, mau menghampirinya, bukan karena ibu itu membentak anaknya, tapi karena proses ini dilakukan di Pasar! Ya!! Di Pasar, dilakukan oleh seorang pedagang (saya tidak begitu memperhatikan apa yang dijualnya).

Mungkin ini Continue reading

Periksa Gigi yang Seru!

Periksa gigi yang seru
Periksa gigi yang seru

Siang tadi Humaidah ikut kegiatan Funday Goes To Dentist di Klinik RHC-nya Drg. Hodijah. Pagi-pagi Humaidah susah diajak mandi, ada saja alasannya, dan dia tau hari ini kita akan ke Dokter Gigi!. “Kenapa Funday-nya ke dokter gigi, Mi?” blablabla. Sampai akhirnya Humaidah mau mandi setelah dibujuk dan kita berangkat ke Klinik RHC. Ohya, yang belum tau Funday itu apa? Funday itu adalah Rumah Bermain di Pejaten, Humaidah hadir tidak selalu setiap Selasa, tapi selalu Umi sempatkan setidaknya sebulan 2 kali.

Kegiatan hari ini rugi banget kalau dilewatkan. Funday bekerjasama dengan Klinik RHC untuk kunjungan periksa gigi anak-anak. Kenapa rugi? Continue reading

Repot Punya Anak Alergi?

Terus Humaidah dikasih susu apa?

Serius gak dikasih susu?

Pengganti susunya apa?

Kasihan ya Humaidah!

(Sumber Foto: klik gambar)

Awalnya capek dengan pertanyaan-pertanyaan macam itu. Seringkali membuat saya deg-degan, sama halnya dengan menjawab soal-soal ujian, karena dengan menjawab itu sekaligus evaluasi apa sudah benar yang saya berikan kepada Humaidah selama ini? Continue reading