Kenapa Bayi Menghisap Jari?

Humaidah suka gemes banget liat adeknya yang 4 bulan ini makin2 menghisap jarinya. Sampai2 suka ngelarang dan ditarik tangannya. Gak cuma Hum, uminya juga sih.

Terus kenapa ya Adik bayi ini getol banget menghisap jari? Akhirnya kita cari tahu dan dapat beberapa jawaban. Diantaranya adalah:

♡ Pada usia 0-18 bulan bayi memasuki fase oral. Jadi, dia akan merasa puas kalau menghisap/menggigit jarinya bahkan sampai memasukkan hampir seluruhnya.
♡ Fase oral ini bermanfaat untuk menguatkan otot rahangnya dan membantunya nanti ketika mengunyah makanan.

♡ Kenapa gak boleh dilarang? Karena jika fase ini tidak terpuaskan maka fase ini akan berkepanjangan, berlangsung lebih lama. Misalnya dengan makan yang berlebihan atau memasukkan benda2 ke dalam mulutnya.

♡ Apa gigit2 ini karena mau tumbuh gigi? Ya gak juga, mass anak 2 bulan udah mau tumbuh gigi.

♡ Bagaimana dengan empeng? Kalau nanya ke dr Rastra, dsa nya Ahmad, jawabnya lebih baik jangan. Dan apa perlu disegerakan makannya? Ngga juga, tunggu sampai 6 bulan aja.

♡ Jadi, nikmati aja gitu dengan selalu memperhatikan benda2 di sekitar bayi, jaga kebersihan sekitar dan sering mencucikan tangan si bayi.

Jawaban ini, kudapat dari baca artikel @theasianparent_id dan nonton youtubenya @drtiwi dan juga nanya ke dsanya Ahmad, dr Rastra

Maaf ya kalau ada salah2…selamat menikmati acem2nya jarinya yang basah abis dinyot2. Hehe ❤

Salam

Vivi Nafisah

Pertemuan Pertama

Kesan pertama dalam setiap perjumpaan pasti akan selalu diingat. Niat hati pengen banget rekam si Kakak awal jumpa sama adiknya. Tapi situasi pandemi kayak gini rempong banget. Kakak gak bisa jenguk ke RS dan pas kita pulang juga udah buru2 pengen bebersih.

Continue reading

Punya Adik di Usia 9 Tahun?

Pertanyaan orang lain tentang kehidupan yang kita jalani memang gak ada habisnya. Sama seperti saya, pertanyaan tentang kapan Humaidah punya adik lagi saya dapat setiap kali bertemu beberapa orang. Kalau ditanya sih, ya sebenarnya saya sudah pengen banget punya bayi lagi. Pengen Humaidah punya adik. Punya temen main dan berbagi hingga dewasa nanti. Sebaliknya, kalau Humaidah yang ditanya, dia gak mau punya adik dan sering kali diiringi dengan tangisan. Dia lihat saya mandangin foto atau video nya sendiri waktu bayi aja cemburunya luar biasa, tidak suka. Malam harinya dia suka mengigau lho! Apalagi kalau saya habis ketemu sama sepupunya yg lebih kecil dari dia. Phuuff…

Nah lho, terus gimana nih kalau ternyata saya hamil lagi?

Continue reading

Kehamilan Anak ke 2 Berjarak 9 Tahun

Assalamu’alaikum

@anakjempolan
Si Kakak yang selalu usap perut Umi

Alhamdulillah akhirnya kesampean juga buka blog dan pengen banget mulai menulis. Aku mau cerita tentang kehamilan keduaku. Si kakak udah 9 tahun. Kupikir udah lebih gampang nerimanya. Tapi, justru karena dia terlalu lama biasa sendiri jadi anak semata wayang, maka benih2 cemburu mulai berkembang. Puncaknya adalah di minggu (sekitar) 11-12. Si kakak sakit batuk pilek sampai demam tinggi hampir 40. Dia gak mau Uminya jauh-jauh. Maunya peluk aja terus. Bawaannya nangis aja. Akhirnya ke dokter sama Abanya (ini juga dibujuknya ampun2an). Dokternya sampe tanya juga kenapa kok dia sedih? Ya, dia takut gak disayang Umi lagi katanya. Alhamdulillah dr. Rastra bisa kasih penjelasan dan nenangin si kakak.

Continue reading