CEMILAN UNTUK ANAK ALERGI (PART 5)

Assalamu’alaikum…

Wah, ternyata udah 3 bulanan gak otak-atik blog kesayangan.. hihi… Cuma mau share lagi nih, resep baru untuk cemilannya Humaidah, cuma ada 4 resep sih, selebihnya Humaidah nyemil dagangan Umi dan Aba. Selain karena gak sempet bikin kue terus, juga anaknya doyan bangettt nyemil biskuit dan sereal dari Orgran. Langsung aja yaa aku share resep terbaru… Continue reading

Cemilan Untuk Anak Alergi (part 4)

Assalamu’alaikum…

Repot punya anak alergi? Bingung mau kasih makanan apa? Kasihan gak bisa ikutan makan bebas seperti anak lainnya? Sedih pas alerginya kambuh? Kalau teman-teman yang punya anak alergi sama sepertiku, yuk coba kita reframing kondisi ini. Dengan reaksi alergi pada beberapa jenis makanan, kita, ibunya berarti harus sangat selektif memilih apa-apa yang akan dimakannya. Anak kita jadi Continue reading

Menjadi Ibu Tak Kenal Lelah (Prinsip Pengasuhan Enlightening Parenting)

Menjadi Ibu Tak Kenal Lelah

Ibu adalah orang terhebat yang ada di dalam hidup kita. Ibu tak kenal lelah menyayangi dan mencintai anak-anaknya.

Baru sampai disitu saya membacakan tulisan “Aku Sayang Ibu” yang ada di halaman akhir Majalah Bobo (terbit 3 Desember 2015), Humaidah sudah memberikan komentar yang luar biasa menyentuh.

“Mi, kok itu dibilang Ibu tak kenal lelah? Kok Umi lelah kalau Indah ajak main?”

Sampai saat saya menulis ini pun, kalau saya ingat wajah dan caranya bertanya saat itu, mata saya berkaca-kaca. Ya, saya merasa bersalah karena seringkali menolak ajakan bermainnya dengan alasan lelah. Continue reading

Punya Teman Khayalan, Normalkah?

teman khayalan

Kehadiran “teman” Humaidah saya sadari sejak ia masih bayi. Saya lupa tepatnya umur berapa bulan dia sering menghadap ke jendela dan tertawa. Sepertinya ini hal yang wajar dan dialami banyak anak. Teman khayalan. Teman imajinasi atau imaginary friends. Mungkin itu istilah yang  biasa disebut kebanyakan orang. Saya menulis ini bukan untuk bercerita horor atau sereman ya…

Saya hanya ingin mendokumentasikan cerita ini dan mau tahu apa sih teman khayalan dan bagaimana kita menyikapinya? Continue reading

Pentingnya Merawat Gigi Anak Sejak Dini

Gambar dari sini

Gambar dari sini

Gigi adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling berharga dan harusnya sangat disayang-sayang. Bayangkan saja kalau tiba-tiba sakit gigi, aduh rasanya semua serba gak enak, ya kan? Saya termasuk orang yang sudah banyak kehilangan gigi. Sejak kecil sudah langganan ke dokter gigi dan entah kenapa banyak yang dicabut. Jadi, belum tua-tua banget saya udah kayak nenek-nenek. Kenapa ya? Mungkin karena saya banyak makan coklat dan permen dan malas sikat gigi waktu kecil.

Kondisi gigi saya yang seperti ini benar-benar menyadarkan saya untuk menjaga kesehatan gigi Humaidah. Untuk itu saya banyak bertanya kepada seorang teman yang berprofesi sebagai dokter gigi. Saya pun akhirnya menjadi salah satu pasien dokter cantik ini. Namanya Drg. Hodijah Alatas. Humaidah juga pernah kunjungan ke klinik miliknya di mampang, RHC Klinik. Ceritanya pernah saya posting disini.

Menurut dokter gigi lulusan Universitas Indonesia tahun 2006 ini, setelah gigi susu muncul orang tua sudah harus memulai membiasakan untuk membersihkan gigi anak.
Continue reading

Siapkan Kakak Sambut Adik Tanpa Cemburu

pregnant-mom-with-kidsPertanyaan orang lain tentang kehidupan yang kita jalani memang gak ada habisnya. Sama seperti saya, pertanyaan tentang kapan Humaidah punya adik lagi saya dapat setiap kali bertemu beberapa orang. Kalau ditanya sih, ya sebenarnya saya sudah pengen banget punya bayi lagi. Pengen Humaidah punya adik. Punya temen main dan berbagi hingga dewasa nanti. Sebaliknya, kalau Humaidah yang ditanya, dia gak mau punya adik dan sering kali diiringi dengan tangisan. Dia lihat saya mandangin foto atau video nya sendiri waktu bayi aja cemburunya luar biasa, tidak suka. Malam harinya dia suka mengigau lho! Apalagi kalau saya habis ketemu sama sepupunya yg lebih kecil dari dia. Phuuff…

Nah lho, terus gimana nih kalau ternyata saya hamil lagi? Gimana ya tingkah Humaidah? Apakah dia akan berulah yang bisa membuat saya naik pitam? Hal inilah yang baru saya “dengar” dari obrolan di grup whatsapp beberapa teman yang sedang dan sudah melalui kehamilan kedua pasti “diganyang” oleh si kakak. Apa yang terjadi? Harus bagaimana? Continue reading

Anak Alergi Anak Sehat Kok!

Saya menulis ini lagi-lagi untuk diri sendiri. Pastinya juga bersyukur jika bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami hal yang sama. Walaupun sudah dua tahun saya menjalani “diet allergen” untuk Humaidah, tapi seringkali saya “galau” lho! Seperti beberapa hari yang lalu, saya sampai menangis curhat sama suami. Akhirnya dipeluklah saya, makin kejer lah tangis saya. Kenapa? Continue reading