Kenapa Bayi Menghisap Jari?

Humaidah suka gemes banget liat adeknya yang 4 bulan ini makin2 menghisap jarinya. Sampai2 suka ngelarang dan ditarik tangannya. Gak cuma Hum, uminya juga sih.

Terus kenapa ya Adik bayi ini getol banget menghisap jari? Akhirnya kita cari tahu dan dapat beberapa jawaban. Diantaranya adalah:

♡ Pada usia 0-18 bulan bayi memasuki fase oral. Jadi, dia akan merasa puas kalau menghisap/menggigit jarinya bahkan sampai memasukkan hampir seluruhnya.
♡ Fase oral ini bermanfaat untuk menguatkan otot rahangnya dan membantunya nanti ketika mengunyah makanan.

♡ Kenapa gak boleh dilarang? Karena jika fase ini tidak terpuaskan maka fase ini akan berkepanjangan, berlangsung lebih lama. Misalnya dengan makan yang berlebihan atau memasukkan benda2 ke dalam mulutnya.

♡ Apa gigit2 ini karena mau tumbuh gigi? Ya gak juga, mass anak 2 bulan udah mau tumbuh gigi.

♡ Bagaimana dengan empeng? Kalau nanya ke dr Rastra, dsa nya Ahmad, jawabnya lebih baik jangan. Dan apa perlu disegerakan makannya? Ngga juga, tunggu sampai 6 bulan aja.

♡ Jadi, nikmati aja gitu dengan selalu memperhatikan benda2 di sekitar bayi, jaga kebersihan sekitar dan sering mencucikan tangan si bayi.

Jawaban ini, kudapat dari baca artikel @theasianparent_id dan nonton youtubenya @drtiwi dan juga nanya ke dsanya Ahmad, dr Rastra

Maaf ya kalau ada salah2…selamat menikmati acem2nya jarinya yang basah abis dinyot2. Hehe ❤

Salam

Vivi Nafisah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s