0-6th, 6+, 7+, Learning Islam, Printable

Freebies Rukun Islam Anak Jempolan

 

Assalamu’alaikum!

Wah gak terasa ternyata sudah hampir 2 tahun, saya berhenti ngeblog. Kenapa? Alhamdulillah, banyak hal yang kami alami, Alhamdulillah kami lalui baik dengan tawa, bahagia, sampai rasa takut dan air mata. Ya, that’s a life! Yang penting kita manusia yang lemah ini, cuma bisa berserah diri pada Allah Swt dan menjalaninya sekuat hati & tenaga. Duh, curhat! Hehe…

Jadi, sekarang mau apa? Mau mulai ngeblog lagi dong! Tapi, belum tentu bisa konsisten lagi kan. Trus? Ya, pokoknya “do what you love, and what you love to do” pokoknya mah!

Mulai ya… Sekitar 4 tahunan yang lalu, saya pernah kolaborasi sama Adlina Aidid untuk bikin Freebies Anak Jempolan, salah satu yang banyak sekali dibagikan dan di download adalah Rukun Islam. Senang bukan kepalang, haru kadang sampai berurai air mata kalau dapet hastag atau mention di blog, IG, atau FB tentang Aktivitas Anak Muslim yang pakai freebies ini. Saya pun sudah meng-klaim di blog ini, kalau freebies ini hanya dapat digunakan untuk keperluan pendidikan bukan komersil, karena itu juga yang menjadi perjanjian saya dengan ilustratornya.

Eeeehhh, ternyata amat disayangkan yaa, banyak sekali pihak yang menyalahgunakan. Selalu saja saya mendapat laporan atau petunjuk ke akun-akun komersil tersebut. Ada yang mencetak untuk kaos, tas, dll. Macam-macam pula adab dan akhlak manusia dalam berbisnis. Yang ditegur ada yang minta maaf lalu turun produksi dan edar, eeh ada juga yang galakan dia. Subhanallah!

Lalu, gimana ya cara preventifnya? Kalau dikasih watermark besar-besar di gambar, kasihan teman-teman yang mau pakai dong! Apalagi, seniat-niatnya orang yang mau ambil, pasti bisa deh menghilangkan watermark kayak gimana pun. Ya, kan?

Jadi, yang saya coba adalah protect pakai password untuk download freebies ini, tapi sudah terlanjur juga karena sudah di posting ulang oleh banyak akun pula. Cuma masih senang sih karena banyaknya email dan WA untuk minta password nya dengan cara santun. Alhamdulillah…

Satu-satunya yang bikin plong dengan hal-hal itu adalah, ikhlas. Belajar ikhlas maksudnya. Karena ampuuunnn deh sulitnya, tapi kalau gak dicoba ya jadinya berabe. Emosian terus, sebel terus, dan takut terus! Apalagi niat awalnya kan mau bagi-bagi supaya para ibu lebih dimudahkan ngajarin rukun Islam, soalnya dulu ngerasain banget susahnya cari freebies rukun Islam yang menarik. Apalagi saya gak bisa gambar, hehe. Syukurlah ilustratornya juga baik banget dan ikhlas, karena yakin gak akan ada satu perbuatan tanpa balasan. Jadi, kalau mau balasan-balasan yang baik, yuk coba kita baik-baik aja sesama makhluk.

Jadi, buat teman-teman yang mau download boleh ke link ini Freebies Anak Jempolan.

Untuk passwordnya silahkan chat WhatsApp ini  atau email ke vivi.jamal@gmail.com yaa…

Semoga akan ada freebies2 yang baru lagi yaa di Anak Jempolan. InsyaAllah 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s