Pengalaman Seru si Kecil di Police Station Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru – Kidzania Jakarta

Sebagai manusia, kita mungkin pernah merasa bosan, bingung, tidak tau mau apa dan ngapain. Sebagai orang tua yang anaknya sekolah di rumah, saya lagi merasakan hal tersebut, saya lagi butuh banget aktivitas baru untuk Humaidah. Karena Humaidah tuh kelihatan banget kalau sudah bosan dan butuh yang baru. Weekend lalu, dia bilang, “Umi, aku mau sekolah ke KidZania, KidZania itu kan sekolahku juga kan, Mi?”. Saya jawab, “Oke Nak, kita jadwalkan ya nanti”.

Eh, rezekinya Humaidah, Senin saya terima undangan Re-Opening Ceremony Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru Police Station di KidZania, Pacific Place Mall lantai 6 pada Kamis, 25 Agustus 2016. Humaidah langsung girang bukan main! Saya pun merasa lega, karena akhirnya bisa menghilangkan kejenuhan belakangan ini. Walaupun ini akan jadi kunjungan ke-6 tapi akan selalu jadi hal baru, karena Humaidah akan bermain di establishment yang belum pernah dikunjungi. Dan rencananya ia akan belajar menjadi seorang polwan di sana.

Sampai di event tersebut, ternyata semuanya benar-benar baru! Mulai dari kreatif acara, narasumber, dan lomba mewarnainya. Acara ini dimulai di Gedung Teater KidZania dengan penampilan Teatrikal Petualangan si Kino yang lucu khas para pemain teater KidZania. Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Kerry Riza (City Mayor KidZania Jakarta) dan Ibu Merliana (General Manager Marketing PT. Kino Indonesia, Tbk). Setelah itu dilakukan penyerahan City Key dari Bapak Kerry Riza kepada Ibu Merliana dan juga penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama antara KidZania Jakarta dengan PT. Kino Indonesia, oleh Ibu Merliana dan Bapak Kerry Riza serta Kakak Andrea sebagai perwakilan Congrezz Kid yang di saksikan oleh Bapak Herdiyan selaku Legal Director KidZania Jakarta.

Pada sambutannya, Ibu Merliana menyampaikan bahwa Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak KidZania Jakarta ini sebenarnya telah diresmikan pada bulan Juni tahun lalu, namun hadir kembali dengan rangkaian acara Re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak dalam rangka pergantian kemasan baru Cap Kaki Tiga Anak yang lebih menarik. Pada acara re-launching ini, juga telah disiapkan aktivitas yang baru dan seru bagi anak-anak yaitu lomba mewarnai kaleng. Kali ini mewarnai dilakukan bukan di atas kertas, tapi menggunakan kaleng. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi satu pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan bagi anak-anak, karena masa kecil cuma sekali.

Aktivitas apa yang anak dapatkan di Police Station KidZania Cap Kaki Tiga Anak?

Bapak Kerry Riza menjelaskan, di Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station KidZania Jakarta ini anak bermain peran sebagai polisi. Sambil bermain, anak diberikan edukasi bagaimana menjadi polisi yang baik, berani dan beraksi menangkap penjahat. Setiap anak yang bermain di establishment ini akan memperoleh gaji sebesar 5 KidZos. Permainan Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini sangat seru dan menantang sehingga menjadi favorit anak-anak yang ke KidZania. Tak hanya melatih fisik dan membuat bugar saat menangkap penjahat namun juga berperan mengembangkan logika berpikir anak dimana mereka mesti mengumpulkan clue, menganalisa dan menyimpulkan lokasi penjahat untuk kemudian menangkapnya. Selain itu berperan sebagai polisi berarti memerangi kejahatan yang mana dapat membentuk karakter anak sebagai pribadi yang baik dan peduli terhadap sekitarnya.

Police Station Cap Kaki Tiga (10)

Waahh kayak gimana ya aktivitas di Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru itu? Katanya ada penjahat yang mencuri sesuatu! Apa yang dicuri? Siapa pencurinya? Dan apakah pencuri tersebut berhasil ditangkap? Video singkat ini akan menjawabnya!

Jadi, selama 20 menit, anak-anak yang bermain ke Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station KidZania Jakarta tersebut akan berperan sebagai polisi cilik. Para polisi cilik ini harus menangkap pencuri formula rahasia Cap Kaki Tiga Anak sesuai dengan ciri-ciri yang diberikan. Pertama, mereka harus melihat hasil rekaman CCTV, dimana si pencuri bersembunyi. Setelah tertangkap, para polisi cilik tidak boleh melakukan kekerasan fisik terhadap si pencuri tersebut. Para polisi harus memastikan pencuri tidak kabur lagi, karena kalau sampai lepas ia akan melakukan pencurian terus. Lalu setelah dicek sidik jari dan benar dialah pencurinya, maka pencuri tersebut harus dimasukkan ke dalam sel penjara. Waaah seruu ya!

Nah, para polisi ini pasti lelah mengejar pencuri, mereka perlu minum Larutan Cap Kaki Tiga Anak dong, supaya rileks kembali. Tenang, di establishment ini dikasih gratis kok!

Waaah, ini bakal jadi pengalaman baru buat anak-anak kita yah, pastinya mereka akan banyak belajar hal baru  sesuai dengan hastag acara ini yaitu #SerunyaYangBaruPsikolog anak Efnie Indriyani, M.Psi, dalam press conference yang termasuk bagian dari rangkaian acara tersebut menyatakan,

Experiental learning atau belajar dari pengalaman akan membentuk sirkuit memori yang bagus pada perkembangan anak. Dengan belajar dari pengalaman, anak akan memiliki analytical thinking dan strategic thinking yang lebih bagus. Selain itu, dengan belajar dari pengalaman, mereka berinteraksi dengan strategi yang sudah dibuat, sehingga membentuk kompetensi sosial yang menjadi bekal bersosialisasi pada saat ia dewasa.

Setelah acara di Gedung Teater selesai, kami semua menuju ke Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station KidZania untuk menyaksikan proses Hand Scanning yang dilakukan oleh Ibu Merliana dan Bapak Kerry Riza. Acara semakin meriah diiringi marching band Kidzania dan taburan confetti. Setelah itu dilanjutkan dengan press conference yang membahas tentang aktivitas di Police Station Cap Kaki Tiga Anak, produk Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru dan peran orang tua dalam memberikan pengalaman baru dan menarik bagi anak.

Siapa yang berperan memberikan pengalaman baru dan menarik bagi anak?

Masih menurut psikolog anak Efnie Indriyani, M.Psi, PR kita sebagai orang tua sangat banyak, salah satunya dengan memberikan bekal dan pengalaman. Sebagai orang tua masa kini, kita bersyukur dengan kehadiran KidZania Jakarta.

KidZania adalah salah satu tempat edutainment yang hadir di Jakarta sejak tahun 2007. Anak-anak usia 2-16 tahun akan mendapatkan pengalaman baru dengan lingkungan yang aman dan interaktif. Mereka akan berlatih untuk mewujudkan cita-citanya, bertindak dan bertanggung jawab dalam memerankan profesi (lebih dari 100 profesi) yang mereka inginkan, seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, dokter, pilot, dan lain sebagainya. Di KidZania anak-anak memiliki hak-hak untuk mewujudkan keinginan mereka, yaitu: To be, To Know, To Create, To Share, To Care and To Play for The Better World.

01To Be: Kekuatan yang akan menentukan sendiri, unik dan bebas dalam hubungan di antara umat manusia. Hak ini didasarkan pada gagasan abadi kebebasan, kekuatan untuk bertindak, berbicara, dan berpikir sebagai satu ingin tanpa hambatan atau pembatasan.

To Know: Kekuatan penasaran dan eksperimental ketika mendidik diri sendiri. Hak ini menuntut akses terbuka dan pikiran terbuka untuk pencapaian pengetahuan dan pengalaman, menantang untuk selalu bersedia.

To Create: Suka berinovasi, untuk bermimpi hal-hal baru. Inilah pola pikir asli untuk merancang proyek-proyek yang efektif dan berharga, solusi baru untuk masalah manusia dengan pikiran asli dan berguna.

To Share: Hak ini menumbuhkan kepercayaan & etika yang kuat, kemauan untuk bekerja sama, bekerja sama dalam cara yang jarang dibayangkan, untuk membentuk semangat berdasarkan memberi.

To Care: Tanggung jawab untuk mendukung dan proaktif dari lingkungan. Hak ini merupakan fundamental komitmen berdasarkan kesadaran dan keterlibatan dalam kesejahteraan dan perlindungan alam.

To Play: Kemampuan untuk menjadikan hidup menjadi menyenangkan dan partisipatif di dalamnya. Hak ini berakar pada menikmati hidup, untuk mencurahkan energi dan waktu yang menuju membuat perjalanan hidup yang menyenangkan dan saling melengkapi satu sama lain.

Ibu Efnie menambahkan, dengan mengajak anak ke KidZania, mereka memiliki banyak pilihan aktivitas. Ketika anak mencoba satu per satu akan membentuk satu synaps, jadi di sistem saraf otak ada serabut-serabut jaringan sistem saraf, yang ternyata kalau di stimulasi dengan pengalaman-pengalaman yang menarik maka akan terbentuk koneksi synaps-nya. Jika terbentuk koneksi synaps yang baik akan menjadi dasar kreativitas bagi anak.

Masa kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak karena pada masa inilah ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak dibentuk yang menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak pada usia dewasa. Pertumbuhan anak-anak harus digarisbawahi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya dengan melatih anak untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang kreatif sehingga anak sejak kecil akan terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut yang menjadi dasar dalam proses berpikir ketika mereka dewasa.

Ada beberapa tips yang disampaikan oleh Ibu Efnie bagi orang tua ketika memberikan bekal dan pengalaman pada anak, yaitu:

1. Berilah kegiatan yang variatif, di KidZania terdapat beragam aktivitas yang akan mengasah sisi-sisi kecerdasan dan kompetensi sosial dari setiap anak. Dengan aktivitas yang itu-itu saja maka anak akan bosan dan mereka butuh aktivitas yang selalu baru dan menarik.

2. Memberi pendampingan pada anak dengan berikan penjelasan dari setiap aktivitas, misalnya di Police Station Cap Kaki Tiga Anak ini anak harus melakukan strategi untuk mencapai targetnya.

3. Sabar mendampingi anak, ketika bereksplorasi anak membutuhkan waktu yang lama malah terkadang tidak dapat dihentikan ketika bermain. Jadi bersabarlah dan selalu berikan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi dengan tidak mematahkan semangat mereka. Pada kondisi suhu yang panas, gelombang otaknya menjadi unstable. Larutan Cap Kaki Tiga Anak cukup efektif menurunkan suhu tubuh, ketika suhu tubuh turun maka anak berada dalam kondisi rileks, sehingga fungsi gelombang otaknya dari beta ke alpha, pada titik inilah kreativitas, imajinasi, dan kemampuan-kemampuan yang harusnya berkembang pada anak akan optimal.

logo ck3hrizontal

Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru

Mengapa Cap Kaki Tiga Anak Baik Untuk Anak dan Anak Makin Suka?

Menurut Ibu Merliana, Cap Kaki Tiga Anak merupakan inovasi dari Brand Larutan Cap Kaki Tiga yang sudah ada sejak tahun 1937. Dibuat dengan resep turun-temurun dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Kandungannya hanya mineral alami dan gula murni tanpa bahan sintetis lainnya. Larutan ini mampu mecegah dan meredakan gejala panas dalam pada anak seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan dapat menyegarkan badan. Cap Kaki Tiga Anak diperuntukkan bagi anak usia balita sampai 8 tahun dengan takaran yang disesuaikan untuk usia tersebut. Tersedia 3 varian rasa yaitu stroberi, jeruk, dan leci dengan LOGO (tulisan “cap kaki tiga” berwarna hitam dan “anak” berwarna merah) dan KEMASAN BARU bergambar tokoh Disney (Minnie Mouse, Mickey Mouse, dan Donald Bebek), serta warna kaleng bernuansa pastel sehingga Anak Makin Suka.

Oh ya, ada yang menarik dari logo Cap Kaki Tiga ini, perhatikan deh. Ternyata logo tersebut memiliki filosofi yang bagus lho, sama seperti dalam ajaran Islam, yaitu Habluminallah dan Habluminannas serta Tawakal. Kurang lebih artinya seperti ini:

  • Kaki yang terarah ke atas melambangkan kehidupan yang selalu terarah pada ajaran tentang kebenaran yang bersumber dari Yang Maha Kuasa
  • Kaki yang berpijak ke tanah melambangkan kerja keras yang harus dilalui untuk mencapai sebuah kesuksesan.
  • Kaki yang bersimpuh melambangkan kerendahan hati yang harus dimiliki setiap orang yang berakhlak mulia.

Larutan Cap Kaki Tiga Anak ternyata mendapat penghargaan rekor MURI sebagai minuman pereda panas dalam pertama untuk anak di Indonesia, lho! Larutan Cap Kaki Tiga Anak dinilai telah melakukan inovasi untuk kesehatan anak dimana tidak ada minuman pereda panas dalam untuk anak sebelumnya. Cap Kaki Tiga Anak akan selalu berkomitmen untuk memberikan produk yang berkualitas dan mendukung hal-hal yang positif bagi anak Indonesia. Larutan Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru, Anak Makin Suka.

Menang itu susah ya, Mi?

Acara ini ditutup dengan Lomba Mewarnai Kaleng dari Kaleng Lani. Humaidah tentunya ikutan dong, karena ini baru buat kami. Pada saat diumumkan nama pemenang lomba mewarnai kaleng dan Humaidah tahu bahwa dirinya ‘belum’ menang, dia bilang, “Menang itu susah ya, Mi?” O, ow, jawab apa yah? Okelah akhirnya saya cuma bisa jawab, “Gak apa Hum, nanti kamu lahitan terus lagi di rumah, mewarnai yang rapi ya jangan buru-buru”. Soalnya saya perhatikan pada saat mewarnai dia terlihat tergesa-gesa dan di akhir bagian yang belum diwarnai dia penuhin pakai satu warna. Eh dijawab lagi dong, “Itu kan lomba, Mi, harus cepat selesai”. Ya ya ya, gak salah juga sih jawabannya. Yang terpenting Humaidah, kamu kemarin dapat banyak pengalaman baru yang menarik kan? Daann dapat banyak Cap Kaki Tiga Anak kemasan baru. Alhamdulillah.

Buat kakak-kakak yang sudah 6 tahun ke atas yuk, kita belajar dari pengalaman baru menjadi polisi kecil, di Police Station Larutan Cap Kaki Tiga Anak KidZania. Dan mulai sekarang jangan lupa kalau ke Supermarket nyetok Cap Kaki Tiga Anak ya! Kayak Humaidah yang suka rasa Stroberi dan Leci dan harus didinginkan dulu di kulkas biar makin suka! Ayo, siapa yang anaknya ketagihan Cap Kaki Tiga Anak yang sudah dingin? Cap Kaki Tiga Anak bisa juga cocok dibawa kemana-kemana sebagai antisipasi ketika anak merasa lelah dengan aktivitasnya atau ketika suhu tubuhnya meningkat.

Untuk lebih jelas tentang Cap Kaki Tiga Anak bisa intip Website Cap Kaki Tiga ini atau ini  yaa. Untuk para Mama yang aktif di facebook bisa dapat info-info parenting dan kesehatan yang bermanfaat dengan like Facebook Cap Kaki Tiga Anak dan juga follow Twitter Cap Kaki Tiga Anak ya… Cap Kaki Tiga Anak, Anak Makin Suka!

This slideshow requires JavaScript.

Oh ya, karena belum bisa bermain di Police Station Cap Kaki Tiga Anak (harus 6 tahun), Humaidah akhirnya bermain di beberapa establishment yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Yuhuu.. pengalaman baru, banyak belajar hal baru! Pokoknya #SerunyaYangBaru pastinya. Dan kunjugan berikutnya insyaAllah udah bisa belajar jadi Polwan ya Humaidah! Sebagai keluarga yang sedang menjalankan “Homeschooling” kami memang ingin menjadikan Kidzania sebagai salah satu tempat belajar secara rutin, apalagi anaknya happy banget kalau diajak ke Kidzania. Untuk harga tiket bisa cek disini dan pemesanan disini.

Selamat menjalakan pengalaman-pengalaman seru dan baru setiap hari yaa!! Dan semoga postingan ini bermanfaat 🙂

Vivi Nafisah

*Tulisan ini saya ikut sertakan dalam Blog & Journalist Writing Competition Kidzania – Larutan Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru 2016.

Advertisements

119 thoughts on “Pengalaman Seru si Kecil di Police Station Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru – Kidzania Jakarta

  1. Waahh,, detail bgt nih mba Vivi sharing nya.
    Jadi mupeng deh pengen kesana. .
    Ok,semangat nabung dl nih buat planning liburan ke Kidzania 😍 tempat liburan edukasi buat anak
    Kidzania list no.1 😘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s