Ilmu Jadi Pengusaha dari Bogasari di Kidzania Jakarta

Seminar Entrepreuneurship Bogasari KZ1

Assalamu’alaikum…

Hari Kamis, 12 Mei 2016 lalu saya dapat undangan Seminar “Entreupreuneurship Berbasis Terigu” untuk blogger dari Kidzania Jakarta. Thanks Kidzania & Bogasari, karena tidak hanya dapat ilmu dan semangatnya, saya juga bisa ajak Humaidah main disana. Sayangnya, Humaidah belum bisa cicipin premiks Pancake Chesa yang juga diperkenalkan pada acara ini. Tapi, gak apa, Humaidah tetap happy kok! Selama seminar berlangsung, Humaidah main di establishment ditemani Abanya.

Kita sampai di Kidzania, jam 10 lewat sedikit, acara baru saja dimulai. Seminar ini bertempat di Metropolitan Theater of KidZania ini dihadiri oleh Bp. Lindung Arta Marhendra selaku Senior Manager Marketing & Creative KidZania Jakarta, Ibu Anastasia perwakilan dari PT Indofood Sukses Makmur, Tbk (Bogasari), Chef Yeni Ismayani seorang Chef dan Food Stylist  dan Bp. Sujanto Nasudin selaku Owner Kismiz Bakery.

Lalu, apa sih tujuan dan isi dari seminar ini? Bogasari mendukung para customernya untuk berwirausaha di era persaingan hidup manusia semakin ketat dan penuh kompetisi. Ibu Anastasia (Bogasari) menjelaskan, “Inovasi berwirausaha dengan memanfaatkan tepung mempunyai peluang usaha yang besar. Ada banyak kreasi yang bisa dilakukan di bidang ini karena tepung terigu mudah didapatkan, murah, dan berwirausaha dengan tepung bisa  dijalankan dari rumah ”.

Bp. Lindung Arta Marhendra selaku Senior Manager Marketing & Creative KidZania Jakarta, menyampaikan “Sebagai pelopor edutainment theme park di Indonesia, KidZania mendukung penuh upaya mencerdaskan masyarakat baik anak maupun dewasa. Apabila di establishment Bogasari baking center yang sudah dibuka sejakk 2007 anak belajar membuat kue dan belajar gaya hidup sehart, maka para ibunya pun bisa mengembangkan diri sebagai wirausaha dengan cara yang mudah dan bisa dikerjakan di rumah“.

Selanjutnya materi dan tips berwirausaha disampaikan oleh Chef Yeni Ismayani. Menurutnya, “Tidak hanya cake saja yang berbahaan dasar tepung, beragam makanan lain seperti pizza, donat, bakpau, gorengan dan  makanan lainnya terbuat dari tepung. Banyak sekali jenis tepung yang bisa kita gunakan, seperti tepung terigu yang biasanya digunakan untuk bahan makanan modern dan tepung-tepung tradisional seperti tepung kanji, tepung beras, tepung ketan yang biasanya digunakan dalam pembuatan makanan tradisional”.

Masih menurut Chef Yeni, permasalahan yg dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah:

#Faktor Internal, yaitu:

  • Modal, biasanya modal menjadi hambatan seseorang untuk memulai usaha. Karena itu, cobalah untuk memperhitungkan sebaik mungkin, sekecil mungkin, menabung atau meminjam bisa menjadi solusi.
  • SDM dan Manajeman, jika ingin punya bisnis sendiri, cobalah perbaiki pribadi kita. Jadilah pribadi yang ramah, jujur, berikan yang terbaik, jangan pelit, jangan jutek dan siapkan tenaga yang kuat.
  • Teknologi, saat ini teknologi memberikan kemudahan untuk memulai usaha. Misalnya, setelah mencoba membuat kue, fotolah kue tersebut lalu upload ke sosial media kita, mereka yang tertarik akan memberikan komentar dan memesannya. Usaha bisa dimulai hanya dari foto yang kita unggah. Manfaatkan sosial media sebaik mungkin.

#Faktor Eksternal, yaitu:

  • Iklim usaha belum sepenuhnya kondusif
  • Terbatas sarana prasarana usaha
  • Otonomi daerah
  • Perdagangan bebas, kita akan bersaing dengan para pengusaha dari negara yang berbeda di negeri kita sendiri.

Chef Yeni menutup materi dengan memberikat tips sukses bagi UMKM, yaitu:

  • Harus siap mental, jangan mudah goyah jika mendapat kritikan atau menghadapi persaingan usaha. Yakinkan diri, siapkan mental untuk maju terus pantang mundur.
  • Menentukan usaha, tentukan usaha yang kiranya dapat kita jalani, kita kuasai bidangnya, dan lakukan survey pasar.
  • Memiliki modal, modal menjadi faktor penting dalam memulai usaha. Kalau bisa keluarkan modal sekecil mungkin untuk keuntungan yang maksimal. Misalnya, ingin menjual pancake, cobalah dengan tepung Premiks Chesa yang harganya hanya 11 ribuan, ditambah telur, dan lainnya modal sekitar 20-25ribu. Perhitungannya satu pak premiks tersebut dapat menghasilkan 20 buah pancake mini. Jika dijual @2500 maka kita akan mendapat pemasukan 50 ribu. Perhitungan laba yang diperoleh adalah 100%. Menarik bukan?

Pancake Chesa1 Pancake Chesa2

  • Memilih lokasi usaha, tentukan lokasi yang kiranya mudah dijangkau atau jika memilih usaha online, lokasi usaha dilakukan dari rumah saja.
  • Fokus pada satu bisnis, jangan tergoda dengan pesaing bisnis yang menjual jenis lain dari dagangan yang kita jual. Dengan fokus pada satu bisnis, biasanya bisnis akan berjalan dengan baik.
  • Promosi, lakukan promosi semaksimal mungkin. Promosi yang paling mudah dilakukan melalui internet dan juga dari mulut ke mulut.

Dengan mendengar materi dari Chef Yeni yang disampaikan dengan sangat menarik ini, saya pun semakin semangat dengan usaha yang saya jalani (walaupun bukan usaha berbasis terigu). Bagaimana dengan teman-teman? Apalagi yang sudah punya bakat masak dan hasilnya enak. Yuk, dicoba!

Chef Yeni Ismayani

Demo Masak Bogasari KZ1

Para audience yang terdiri dari pengunjung KidZania, para guru dan media juga kebagian icip-icip lho, enaaak….. Setelah acara di gedung teater Kidzania selesai, kami diajak keluar dan menyaksikan demo masak membuat Pancake Bolognese, Pizza Pancake dan Pancake Gulung Salad Buah.

Demo Masak Bogasari KZ3

Antusias para peserta seminar dan demo masak… sekalian tanya2 sama Chef Yeni

Demo Masak Bogasari KZ2

Ohya, ini dia foto-foto Humaidah yang seru bermain di Kidzania. Untuk teman-teman yang anaknya sudah 6 tahun, bisa lho belajar masak di Establishment Bogasari Baking Center disini. Humaidah sih udah kepengen banget tuh, sayangnya belum boleh karena masih 5 tahun. Semoga postingan ini bermanfaat dan ada yang semangat untuk memulai usahanya… 🙂

Vivi Nafisah

Nusery Pigeon KZ

Nursery Pigeon – Kidzania Jakarta

Radio Gen FM KZ

Gak bosen lho dia jadi penyiar radio di Gen FM – Kidzania

Bank BRI KZ

Bank di Kidzania sekarang Bank BRI nih!

Designer KZ

Belajar jadi desainer baju dan menjahit di Vita’s Tailors

Indomaret KZ

Ini juga dia gak bosen-bosen..hehe Indomaret – Kidzania Jakarta

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s