Ramadhan Crafts

Assalammualaikum….

Tidak terasa sekarang sudah masuk pertengahan Ramadhan. Menjalani Ramadhan sebagai seorang ibu sangat berbeda, banyak lebihnya. Tepatnya ini adalah Ramadhan pertama saya menyiapkan makanan sahur dan berbuka untuk suami, sebelumnya saya tinggal terima beres di rumah mertua, Ramadhan ini terasa lebih indah karena saya bisa mengumpulkan banyak pahala dengan kegiatan tersebut. Lebih seru, karena banyak waktu luang di rumah bersama Humaidah dan bisa mengerjakan beberapa aktivitas menarik yang berhubungan dengan Ramadhan sebagai cara mengenalkan Ramadhan sebagai bulan istimewa kepada si 4 tahun. Tahun lalu saya membuat Kalendar Ramadhan, tetapi usia Humaidah 3 tahun masih belum terlalu mengerti perbedaan bulan Ramadhan dengan bulan lainnya, jadi hanya sekadar perkenalan sekilas saja. Sekarang dia sudah lebih mengerti, lebih banyak bertanya detil, dan sangat meniru karena itu Ramadhan kali ini saya lebih hati-hati. Menjaga amarah, jangan sampai tertanam di pikirannya ketika orang sedang berpuasa hanya tidak makan minum tapi bisa marah-marah. Lebih termotivasi dalam beribadah, karena ketika mulai malas, saya ingat kalau si anak memperhatikan (bukan berarti beribadah karena anak ya) tapi sebagai pecutan untuk tetap beribadah dan mengajaknya ikut serta. Ketika sedang libur puasa pun saya tidak akan makan minum di depannya karena rasanya dia belum bisa mengerti penjelasan tentang “libur puasa” bagi wanita, jadi pilih aman saja. Sekaligus mengajarkan tentang menghormati mereka yang berpuasa dengan tidak makan minum sembarangan walaupun kita punya alasan yang syari.

Berikut beberapa aktivitas Islami yang saya kerjakan bersama Humaidah di bulan ini dan di bulan-bulan sebelumnya.

Rukun Islam 5 Pillars of IslamBelajar Rukun Islam, bisa dinyanyikan seperti Tepuk Pramuka, atau bermain tebak-tebakan. Silahkan ambil filenya disini ya. Gratis lho, jangan lupa kalau membuat aktivitasnya bisa di share dengan tag atau mention anakjempolan ya πŸ™‚

Mewarnai Masjid, dll, bisa dilakukan dengan menggunakan pensil warna atau seperti yang Humaidah kerjakan ini dengan menggunakan beras warna-warni. Caranya, masukkan beras ke dalam kantung plastik zipper, lalu teteskan pewarna dan kocok-kocok. Siapkan gambar, berikan lem pasta sebagian dan taburkan beras warna-warni. Gambar masjid saya ambil disini.

Kartu Lebaran Anak JempolanMembuat Pop Up Card Lebaran, caranya dengan memberikan penyangga terlebih dahulu di bagian tengah kartu dan tempel hiasan yang ingin dipakai. Untuk karakter Muslim Family anakjempolan ini bisa diprint gratis disini ya.

Berkreasi membuat Kupu-Kupu, sambil menceritakan tentang metamorfosis kupu-kupu sebagai Ulat yang bertobat. Ceritanya ada disini ya dan untuk lihat video dongeng Umi dan Humaidah tentang si kupu-kupu bisa lihat di youtube ya…

DIY: Kalender Ramadhan Untuk Si Kecil

DIY: Kalender Ramadhan Untuk Si Kecil

Membuat Kalender Ramadhan, tahun lalu saya membuat kalender Ramadhan untuk Humaidah. Memberinya sticker untuk setiap perbuatan baik yang telah dilakukan, dan di akhir Ramadhan kami menghitung berapa stiker yang diperoleh dan menukarnya dengan rupiah, lalu kami sedekahkan. Tahun ini saya tidak sempat membuatnya jadi hanya menggunakan Diary Ramadhan yang saya beli di seorang teman.

Membuat Diorama Cerita Nabi, bercerita tentang Nabi-Nabi bisa lebih menyenangkan dengan membuat dioramanya. Anak pun akan lebih mudah mengingat dan mengambil hikmah dari cerita tersebut. InsyaAllah. Diantaranya yang pernah saya kerjakan bersama Humaidah adalah Kisah Nabi Nuh a.s dan Kisah Nabi Ismail a.s.

Belajar Huruf Hijaiyah, memperkenalkan huruf hijaiyah bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan beberapa cara berikut ini.

Dan masih banyak Islamic Craft lainnya, kita bisa googling dan berkreasi sendiri bersama si kecil, Semoga nilai-nilai Islam yang kita ajarkan bisa lebih mudah dipahami, melekat, dan diamalkan sampai ia dewasa kelak. Amiin…

Vivi Nafisah

5 thoughts on “Ramadhan Crafts

  1. Pingback: Persiapan Ramadhan untuk Anak-anak – ukirananelok

  2. Mbak Vivi, aku juga bikin buat belajar huruf hijaiyyah pakai beras warna warni.. pake lem uhu yang stik trus tinggal tabur deh.. sayang gak difotoin soalnya cepet banget ganti games tapi anak-anak seneng banget.. trus aku nyoba bikin kalender ramadhan tapi dirobekkin hahaha, belom waktunya tampaknya, tahun depan mau coba lagi πŸ™‚ jazakillah khairan ide-idenya ya mbak..

Leave a Reply

