Police Station Cap Kaki Tiga Anak di Kidzania: Kenalkan Nilai Kebenaran Pada Si Kecil

Opening Ceremony Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station di Kidzania Jakarta.  Foto: www.anakjempolan.com

Opening Ceremony Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station di Kidzania Jakarta.
Foto: anakjempolan.com

ONE DAY KIDS BECAME UTTERLY FED UP ABOUT THE WAY ADULTS WERE RUNNING THE WORLD

BE, KNOW, CARE AND PLAY BECAME THEIR RIGHTS

AND THEY DECIDED TO FORM A NATION

AND THEY AGREED TO CALL IT: KIDZANIA!

NOW, THEY MAKE THEIR DECISIONS

GET READY FOR THE BETTER WORLD

Kai Kidzanian… Rabu, 3 Juni 2015 yang lalu, Umi dan Humaidah mendapat undangan Press Conference – Journalist & Blogger Gathering dalam rangka Opening Ceremony Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station di Kidzania, Pacific Place Mall lantai 6. Sampai di Kidzania, Umi dan Humaidah foto-foto dulu di depan, dan saya tertarik dengan tulisan di atas ini yang ada di dinding Kidzania. Kenapa? Ya, GET READY FOR THE BETTER WORLD. Itu harapan setiap ibu sepertinya, ketika anak-anak tumbuh besar, saya ingin mereka dapat memegang dunia ini dan menjadikannya lebih baik. Harapan bukan sekadar harapan, tapi kami sedang berusaha sekuat tenaga. Bagaimana? Berdoa, mungkin doalah senjata terkuat bagi saya, saya gantungkan semua kepada Allah Sang Penguasa. Saya pun terus berusaha memperbaiki cara dan gaya mendidik anak. Dan saya yakin tidak ada cara mendidik yang paling benar kecuali mengenalkan kepadanya Akhlakul Karimah sejak dini. Mengenalkan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran seperti yang diajarkan dalam agama kami. Sehingga ketika mereka dewasa, ketika mereka menjadi harapan orangtua dan harus mengambil setiap keputusan, maka yang baik dan benarlah pilihannya.

Umi & Humaidah

Umi & Humaidah
Foto: anakjempolan.com

Pengenalan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran justru biasanya kita lakukan setiap hari tanpa kita sadari, ya kitalah role model mereka. Duh, kalau ngomong ini malu rasanya, masih jadi PR besar supaya bisa jadi contoh yang baik untuk Humaidah. Tapi, setidaknya dengan menulis ini bisa menjadi selfreminder bagi saya. Dari buku “Orangtuanya Manusia”-nya Munif Chatib yang saya baca, disebutkan bahwa:

Anak usia dini (0-7 tahun) belajar melaksanakan peraturan dan kedisiplinan dengan cara learning by doing dan learning by example. Artinya anak belajar disiplin dengan cara melihat perilaku orangtua dan mengambil contoh atau teladan dari orangtua. Apabila dua hal penting ini tidak sesuai dengan konsep perkembangan anak, secara otomatis anak akan menghindari kedisiplinan. Berbeda dengan anak 8 tahun ke atas, peraturan dibuat dalam model tertulis dan lisan dalam berbagai macam format yang sangat luwes. Pada masa golden age ini, anak adalah RAJA yang punya kerajaan BERMAIN.

Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station Foto: www.anakjempolan.com

Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station
Foto: anakjempolan.com

Bermain di Police Station Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Kidzania Jakarta Foto: www.anakjempolan.com

Bermain di Police Station Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Kidzania Jakarta
Foto: anakjempolan.com

Jadi, memperkenalkan nilai kebaikan pada anak usia dini pun dapat dilakukan dengan bermain. Seperti misalnya, bermain peran sebagai Polisi di Kidzania. Seorang polisi adalah penegak kebenaran, dia harus membela yang benar dan berani menghukum yang salah. Walaupun Humaidah belum bisa bermain di Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini (mulai 6 tahun), tapi kemarin Humaidah sempat masuk ke dalam dan mencoba topi polisi. Sampai di rumah, Humaidah pun minta diceritakan tentang “polisi di Kidzania”. Nah, kebetulan deh saya bisa sambil menyampaikan tentang nilai benar dan salah. Kira-kira begini cerita sebelum tidur yang saya sampaikan kepada Humaidah:

Polisi Menangkap Pencuri Ramuan Rahasia Cap Kaki Tiga Anak Foto: www.anakjempolan.com Foto kanan atas&bawah: press release Kidzania

Polisi Menangkap Pencuri Ramuan Rahasia Cap Kaki Tiga Anak
Foto: anakjempolan.com
Foto kanan atas & bawah: press release Kidzania

Umi: Pada suatu hari, ada seseorang yang mencuri ramuan rahasia Larutan Cap Kaki Tiga Anak.

Humaidah: Mencuri itu apa Mi?

Umi: Mencuri itu mengambil milik orang lain yang bukan milik kita. Itu adalah perbuatan yang tidak baik ya, Hum.

Humaidah: Iya…

Umi: Lalu, polisi yang bertugas sebagai penegak kebenaran, harus menangkap pencuri itu.

Pencuri dipenjara. Perbuatan yang tidak baik akan ada balasan / akibatnya. Foto: www.anakjempolan.com

Pencuri dipenjara. Perbuatan yang tidak baik akan ada balasan / akibatnya.
Foto: anakjempolan.com

Humaidah: Kenapa ditangkap Mi?

Umi: Ya, karena perbuatan jahat seperti mencuri itu harus mendapatkan hukuman, supaya nanti orang itu kapok dan tidak akan mencuri lagi. Dan semoga bisa berubah menjadi orang yang selalu berbuat baik.

Humaidah: Ooh…

Umi: Polisi-polisi mulai mencari pencuri itu kesana kemari sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada. Akhirnya, polisi berhasil menemukan si pencuri di suatu tempat. “Ya…. Kamu saya tangkap karena telah mencuri resep rahasia Larutan Cap Kaki Tiga Anak, ayo ikut ke kantor polisi”. Lalu pencuri itu disidang dan dimasukkan ke dalam penjara.

Humaidah: Sidang itu apa Mi?

Umi: Sidang itu, hmmm… ya, dipastikan dulu, apa benar dialah pencurinya. Ditanya dulu. Kalau benar, dia baru dipenjara. Nah, habis menangkap penjahat kan mereka capek tuh Hum, jadi di Kantor Polisi Kidzania itu mereka minum deh Larutan Cap Kaki Tiga Anaknya, supaya segar lagi.

Humaidah: Ohh gitu… kalau yang perempuan namanya apa Mi polisinya?

Umi: Polwan, polisi wanita. Humaidah mau jadi polwan?

Humaidah: Ngga Mi, Humaidah kan masih belajar.

Ups… Oke deh, Humaidah…

Bapak Deny Cahyo (Cap Kaki TIga Anak) dan Kerry Riza (Kidzania). Foto: press release Kidzania

Atas: Bapak Deny Cahyo (Cap Kaki TIga Anak) dan Kerry Riza (Kidzania).
Foto: press release Kidzania

Opening Ceremony Police Station Cap Kaki Tiga Anak - Kidzania Jakarta Foto: www.anakjempolan.com

Opening Ceremony Police Station Cap Kaki Tiga Anak – Kidzania Jakarta
Foto: anakjempolan.com

Opening Ceremony Police Station ini diresmikan secara simbolis oleh General Manager Marketing PT KINO INDONESIA, Bapak Deny Cahyo dan Presiden Kidzania Jakarta, Bapak Kerry Riza. Dan juga dihadiri oleh dua orang kakak dri Kongrezz Kidzania dan Brand Ambassador Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Umi Pipik.

Kenapa Larutan Cap Kaki Tiga Anak membuka establishment nya di Kidzania?

Menurut Bapak Deny Cahyo, ini adalah salah satu wujud dukungan kepada anak Indonesia dalam pengembangan pendidikan dan juga kesehatan anak dimana anak bisa bermain sambil belajar dengan tubuh yang sehat.

Press Conference Opening Ceremony Police Station Cap Kaki Tiga Anak, Kidzania Jakarta Foto: anakjempolan.com

Press Conference Opening Ceremony Police Station Cap Kaki Tiga Anak, Kidzania Jakarta
Foto: anakjempolan.com

Menurut Presiden KidZania Kerry Riza, bermain di establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini dapat mengembangkan logika berpikir anak dimana mereka mesti mengumpulkan clue, menganalisa dan menyimpulkan lokasi penjahat untuk kemudian menangkapnya. Selain itu berperan sebagai polisi berarti memerangi kejahatan yang mana dapat membentuk karakter anak sebagai pribadi yang baik dan peduli terhadap sekitarnya. Ya, sesuai dengan prinsipnya Kidzania dong ya, anak-anak memiliki hak-hak seperti: To be, To Know, To Care and To Play for The Better World.

Umi Pipik, Brand Ambassador Cap Kaki Tiga Anak Foto: anakjempolan.com

Umi Pipik, Brand Ambassador Cap Kaki Tiga Anak
Foto: anakjempolan.com

Oh ya, yang menarik juga dari acara ini adalah hadirnya salah satu brand ambasador Larutan Cap Kaki Tiga Anak yaitu Umi Pipik. Menurut Umi Pipik, Larutan Cap Kaki Tiga Anak adalah solusi tepat untuk anak-anaknya. Mereka adalah anak-anak yang aktif dengan beragam aktivitas luar ruangan, jadi ketika anak-anaknya lelah dan suhu tubuh meningkat maka Cap Kaki Tiga Anak akan meredakannya. “Saya senang sekali dengan adanya Larutan Cap Kaki Tiga Anak ini. Sebagai ibu, dulu saya sering kebingungan kalau anak saya panas dalam. Tapi sekarang sudah tenang karena setiap kali anak saya terkena panas dalam saya langsung memberinya Larutan Cap Kaki Tiga Anak, masalah saya selesai deh“. Umi Pipikk juga berpesan kepada para ibu agar selalu bersyukur dan menjaga kesehatan anak-anak.

Saya pribadi waktu kecil kalau sudah tidak enak badan sedikit langsung dikasih Larutan Cap Kaki Tiga oleh Aba, dan sampai sekarang Aba saya masih rajin mengkonsumsi Larutan Cap Kaki Tiga kalau mulai tidak enak badan. Langsung enak katanya. Kalau saya sekarang justru senang dengan Cap Kaki Tiga Anak yang beraneka rasa ini, diminum saat dingin apalagi, aduuh segarnya. Kalau Humaidah minum dia juga pasti suka banget deh. Larutan Cap Kaki Tiga Anak tersedia 4 varian rasa yaitu stroberi, jeruk, leci (dengan kemasan kaleng bergambar tokoh disney) dan tawar (kemasan botol).

Empat varian rasa Larutan Cap Kaki Tiga Anak

Empat varian rasa Larutan Cap Kaki Tiga Anak

Bagaimana dengan anak alergi seperti Humaidah? Apa bisa saya berikan Larutan Cap Kaki Tiga Anak ini?

Saya ajukan pertanyaan ini pada saat press conference, pihak Cap Kaki Tiga menyatakan bahwa larutan ini merupakan minuman pereda panas dalam untuk anak yang dibuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Kandungannya hanya mineral alami dan gula murni tanpa bahan sintetis lainnya, tapi sebaiknya saya mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokternya Humaidah. Saya senang dengan jawaban pihak Cap Kaki Tiga ini, menurut saya, ini bagian dari kepeduliannya terhadap kesehatan anak.

Stand Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Kidzania. Bisa ikutan selfie photocontest lho!  Foto: anakjempolan.com

Stand Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Kidzania. Bisa ikutan selfie photocontest lho!
Foto: anakjempolan.com

Oh ya, Larutan Cap Kaki Tiga Anak juga mendapat penghargaan rekor MURI sebagai minuman pereda panas dalam pertama untuk anak di Indonesia, lho! Larutan Cap Kaki Tiga Anak dinilai telah melakukan inovasi untuk kesehatan anak dimana tidak ada minuman pereda panas dalam untuk anak sebelumnya. Menurut Bapak Deny Cahyo, semua anak suka bermain dan bermain adalah sesuatu keharusan. Tapi sering kali anak merasa kelelahan dan salah satu akibatnya adalah cenderung mengakibatkan peningkatan suhu tubuh. Larutan Cap Kaki Tiga Anak adalah solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan anak. Beliau percaya anak yang sehat akan menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

Humaidah & para badut. Awalnya sih ketakutan, akhirnya minta foto terus... hihi.  Foto: anakjempolan.com

Humaidah & para badut. Awalnya sih ketakutan, akhirnya minta foto terus… hihi.
Foto: anakjempolan.com

Humaidah ikut lomba mewarnai Foto: anakjempolan.com

Humaidah ikut lomba mewarnai
Foto: anakjempolan.com

Oh ya, Humaidah juga ikut lomba mewarnai lho. Walaupun tidak membawa pulang piala, tapi Humaidah bisa melihat hasil karya kakak-kakak yang menang dan semangat untuk mulai mewarnai lagi di rumah. Kami juga mendapat goodie bag dari Kidzania dan Larutan Cap Kaki Tiga Anak, salah satunya adalah buku mewarnai untuk Humaidah. Setelah acara selesai Humaidah punya kesempatan bemain di beberapa establishment, karena sudah menjelang sore jadi tidak banyak seperti biasanya.

Menukar cek di Bank. Menabung dan melihat saldo. Menjadi petugas pom bensin. Menjadi perawat bayi (salah satu favoritnya). Foto: anakjempolan.com

Menukar cek di Bank. Menabung dan melihat saldo. Menjadi petugas pom bensin. Menjadi perawat bayi.
Foto: anakjempolan.com

Ayo kita ajak anak-anak bermain di Police Station Larutan Cap Kakii Tiga Anak, Kidzania, dijamin seruuuu dehh… Dan jangan lupa sediakan Cap Kaki Tiga Anak di lemari es yaa… Bisa dibawa juga kalau sedang travelling biar selalu segar. Karena Cap Kaki Tiga, Baik untuk Anak. Untuk lebih jelas tentang Cap Kaki Tiga Anak bisa intip Website Cap Kaki Tiga ini yaa.

Untuk para Mama yang aktif di facebook bisa dapat info-info parenting dan kesehatan yang bermanfaat dengan like Facebook Cap Kaki Tiga Anak dan juga follow Twitter Cap Kaki Tiga Anak ya…

Semoga anak-anak kami tumbuh menjadi anak-anak yang berakhlak baik, sehat, dan kreatif. Dan kami orangtuanya diberikan kekuatan untuk melayani mereka di masa golden age ini, sehingga kelak mereka dapat menjadi harapan kami, untuk dunia yang lebih baik serta keselamatan di akhirat. Amin…

Berikut ini adalah video liputan Opening Ceremony Police Station Cap Kaki Tiga Anak di Kidzania Jakarta pada Rabu, 3 Juni 2015:

Terimakasih buat suamiku yang mau ngedit kilat dan isi musiknya… Hihi…

Semoga bermanfaat yaa 🙂

Vivi Nafisah

Tulisan ini saya ikut sertakan dalam Blog & Journalist Writing Competition Kidzania – Larutan Cap Kaki Tiga Anak.

***Info Harga Tiket Kidzania Banner Kidzania

Advertisements

24 thoughts on “Police Station Cap Kaki Tiga Anak di Kidzania: Kenalkan Nilai Kebenaran Pada Si Kecil

  1. Pingback: Blogger & Journalist Writing Competition Winners “Kidzania & Cap Kaki Tiga Anak” : Alhamdulillah, Juara 2! | Anak Jempolan

  2. Vi, sukaaaaaa deh sama cerita kamu sm hum. Aku emang selalu penasaran sm kidzania, kayak apa sih dalemnya. Pas baca cerita kamu sama pengalaman hum, aku jadi tertarik nih pingin ajak ponakanku main kesana. Emang menurutku, belajar sambil bermain itu paling efektif ya buat ngajarin anak-anak. Ditunggu sharing cerita lainnya lagi yaaaaa vi. Salam kangen buat si cantik humaidah.

  3. Waaahh asyiknya, Humaidah! Nanti kalau usia Muhammad sudah cukup, main polisi-polisian bareng ya di sini. Tapi ya, emang bener deh, bermain peran itu salah satu cara yang cukup efektif untuk memasukkan nilai2 ke anak. Semoga Humaidah selalu mengambil pilihan yang baik dan benar pada setiap keputusan hidupmu ya, Nak :). Aamiin.

  4. Hi Ummi dan Humaidah..
    Seneng deh baca ceritanya ummi dan Humaidah yang asik jalan-jalan ke Kidzania. Jadi tau dalemnya kidzania Itu gimana. Seru.. Ada polisi-polisian, plus pake simulasi kejar-kejaran sama malingnya 😊😊😊.
    Dengan adanya establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini, mudah-mudahan anak-anak ngga takut lagi ya sama polisi..

  5. Mksh infonya umi humaidah, seru ya sptnya ajak syathir kesana. Memang PR bgt ni ngajarin nilai kebenaran pd anak. Gimana supaya anak ngerti bohong itu gk baik dll. Kalo di simulasi di kidZania pasti tambah seru…

    Cap kaki 3 emang oke bgt, aku sllu sedia in untuk syathir kalo udh mulai suaranya agak serak.

    Dan lewat info dr km aku tau kalo ini aman dan alami
    Thanks vi

  6. Masya Allah kak Vivi, aq tuh salah satu fans yg tunggu2 cerita kakak. Berbagi kisah dalam mendidik Hum. Kalian Salah satu motivator aq biar kedepannya bisa jadi bunda yg lebih baik lagi mengantar anak2ku mempersiapkan diri menghadapi “the real life”. Banyak pelajaran yg dipetik mulai dari akhlak sampai mengenai tumbuh kembang anak disini lengkap deh. Aq juga suka kasih farah minum larutan penyegar klo lg panas dalam, Alhamdulillah cepet sembuhnya. Terus menulis ya kak, salam peluk untuk Humaidah.

  7. Waah makasii yaa info2nya.. menarik ni, langsung pingin ajak samarra maen lg ke kidzania… o ya ini se anakku brarti udh aman ya minum larutan cap kaki 3..

  8. Waahh masyaAllah sangat bermanfaat sekali sharing2nya…
    suka sama tulisan dan ilmunya, itu tidak membahayakan min larutan cap untuk anaknya?? syukran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s