“Mi, Kenapa Nabi Muhammad Tidak Ada Gambarnya?”

    Bunda & Syathir (temannya Humaidah), foto oleh Najib Husein, abanya Humaidah.  Umi suka banget sama foto ini, dan dapet izin dari Bunda untuk taruh di blog :)

Bunda & Syathir (temannya Humaidah), foto oleh Najib Husein, abanya Humaidah.
Umi suka banget sama foto ini, dan dapet izin dari Bunda untuk taruh di blog 🙂

Sejak Humaidah bayi, saya sudah mulai membacakan cerita kepadanya. Saya mulai dengan “buku bantal” dan teether book. Saya juga suka mengarang cerita dengan menggunakan boneka jari. Mungkin kebiasaan itu yang membuat Humaidah sekarang jadi senang dengan dongeng dan buku, terutama sebagai cerita pengantar tidurnya. Sampai di usianya 3,5 tahun kemarin dia bilang, “Umi, Indah kesel kenapa Indah gak bisa baca buku”. Disitulah dimulainya ia minta belajar membaca dan saya pun mulai mengajarkannya pelan-pelan. Seiring dengan bertambah usianya saya mulai membelikan berbagai macam buku, mulai dari dongeng, nilai keseharian, akhlak, ensiklopedia, sampai cerita nabi. Semua saya pilih yang sesuai dengan usianya. Terkadang saya membacakan cerita yang mengandung nilai kebaikan sehari-hari dengan mengganti nama tokohnya menjadi Humaidah dan orang-orang di sekitarnya.

Banyak pertanyaan yang Humaidah berikan kepada saya ketika membaca buku. Saya selalu mencoba menjawabnya agar dia mudah mengerti, seringkali saya minta bantuan suami untuk ikut menjawab. Di usia 3 tahun Humaidah mulai melontarkan pertanyaan-pertanyaan sulit dan kita tidak boleh asal jawab. Humaidah pernah bertanya “kenapa kita tidak bisa melihat Allah” dan lain-lain. Sampai yang terbaru adalah, “Mi, kenapa Nabi Muhammad tidak ada gambarnya?”. Ada yang pernah mengalami juga kah? Lalu apa yang harus kita jawab? Kebetulan saya punya buku “M. Quraish Shihab Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Islam”.

Judul Buku: M. Quraish Shihab menjawab pertanyaan anak tentang islam

Judul Buku: M. Quraish Shihab menjawab pertanyaan anak tentang islam

Pertanyaan-pertanyaan Humaidah yang kaitannya dengan agama saya jawab dengan mengikuti jawaban Prof. Quraish Shihab. Alhamdulillah Humaidah bisa mengerti dengan ditambah penjelasan dengan gaya bahasa saya kepadanya. Untuk pertanyaan tentang “kenapa Nabi Muhammad tidak ada gambarnya?”, ada pertanyaan yang serupa dari seorang anak dalam buku itu, begini jawabannya:

Buku Cerita Halo Balita seri Nabi Muhammad SAW punya Humaidah

Buku Cerita Halo Balita seri Nabi Muhammad SAW punya Humaidah

Kita berkewajiban menghormati para nabi melebihi penghormatan kita kepada manusia-manusia agung selain mereka, karena para nabi adalah manusia-manusia suci pilihan Allah yang memperoleh wahyu (pengetahuan dari Allah), yang berfungsi memberi tuntunan kepada manusia. Jika digambar, bisa jadi gambaran itu pada suatu saat dijadikan pembungkus kotoran atau jatuh ke tanah sehingga terinjak-injak. Ini dapat dinilai melecehkan nabi, bahkan dan dapat menimbulkan kemarahan orang-orang yang mengagungkan mereka. Jangankan nabi, menjadikan gambar atau foto ibu dan bapak kita sebagai pembungkus sesuatu pun dapat menimbulkan amarah kita. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu, maka para ulama melarang penampakan nabi, baik melalui film, sinetron, atau gambar biasa, dan dengan cara apapun, walau dengan menggunakan huruf Arab. Kalau menggunakan cahata yang tidak menggambarkan sosok nabi, maka sementara ulama membolehkan karena kekhawatiran di atas diduga tidak akan terjadi.

Kita bisa gunakan jawaban ini dengan bahasa sendiri sesuai usia anak. Saya pun merubah tuturannya untuk Humaidah, tapi intinya adalah sama. Pertanyaan-pertanyaan kritis anak memang adalah hal yang paling saya tunggu-tunggu, saya berusaha tidak akan pernah lelah menjawabnya. Malah terkadang kalau Humaidah belum bertanya, saya pancing dengan beberapa pertanyaan agar ia terbiasa bertanya, ini juga merupakan salah satu cara mengasah kecerdasan logika matematik anak, lho…

Oh ya, mau kutip juga nih manfaat membacakan buku kepada anak sejak bayi, saya ambil dari website ayahbunda. Barangkali bisa menambah semangat saya dan teman-teman untuk selalu mendongeng atau membacakan buku sejak dini yah …

Yuk mendongeng dan membacakan buku untuk si kecil. Semangaaat .... hihi

Yuk mendongeng dan membacakan buku untuk si kecil. Semangaaat …. hihi

Membaca tidak hanya sebagai pengisi aktivitas dengan bayi. Berikut beberapa manfaat membaca yang perlu Anda ketahui, dan menjadikannya alasan mengapa Anda perlu memperkenalkan buku pada bayi sedini mungkin.
  • Untuk perkembangan bahasa. Saat Anda membacakan buku pada bayi, dia belajar suara dasar, pola dan ritme suara untuk berbicara, perbendaharaan kata, arti kata dan konteks penggunaannya.
  • Melatih memusatkan perhatian khususnya mendengar dan mengingat. Dengan menggunakan macam-macam suara untuk berbagai karakter, Anda membantu bayi belajar aturan dasar komunikasi percakapan, yaitu, bila ada orang berbicara, orang lain mendengarkan. Begitu sebaliknya.
  • Perkembangan informasi. Meski awalnya bayi belum bisa mengikuti cerita atau dialog, secara bertahap bayi akan belajar menghubungkan antara gambar, peristiwa, tindakan dan obyek dengan kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikannya. Bayi juga akan belajar obyek, warna, angka, bentuk dan penjelasan yang membantunya memetakan lingkungan, misalnya, bagaimana cara menggunakan obyek tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Perkembangan sosial. Kebersamaan yang tercipta saat Anda membacakan cerita pada bayi memberinya rasa aman, dicintai dan diperhatikan. Selain itu, ekspresi dan intonasi suara Anda mengajarkannya rupa-rupa emosi manusia.
  • Perkembangan kognitif yang membuat bayi memahami lingkungan dan perannya dalam lingkungan itu.
  • Membiasakan bayi pada buku sehingga kelak mencintai aktivitas membaca.

Semoga bermanfaat ya …

Vivi Nafisah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s