Kidzania: Mengarahkan Minat dan Bakat Anak

Kunjungan Kidzania ke 3Assalamu’alaikum …

Ini sebenarnya latepostingan banget, tapi insyaAllah gak basi yah … Ya, sesuai dengan judul postingan ini, saya mau cerita tentang kunjungan ke 3 (sebelumnya yang pertama dan kedua) kami ke Kidzania Jakarta dan kaitannya dengan Minat dan Bakat Anak. Konon katanya, minat dan bakat anak bisa terlihat sejak dini lho, malah sejak bayi (kalau saya sih belum terlalu peka waktu Humaidah bayi). Kita semua sudah sering mendengar tentang Multiple Intellegences atau Kecerdasan Majemuk kan ya…. Nah, dengan memperhatikan 9 Kecerdasan Majemuk pada anak, seharusnya kita sudah bisa mengarahkan minat dan bakatnya. Kita tidak hanya harus mengembangkan salah satu nya, tetapi kesembilan Kecerdasan tersebut.

Dirangkum dari buku Orang Tuanya Manusia (Munif Chatib), ada banyak potensi dalam diri anak kita dan kita harus menggalinya. Potensi ini biasa disebut kecerdasan majemuk.  Kecerdasan Majemuk adalah teori kecerdasan yang pertama kali dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard University pada tahun 1983. Menurutnya, manusia memiliki kecerdasan yang tidak terbatas dan dikelompokkan menjadi 9 kecerdasan dan setiap manusia cenderung memiliki semuanya. 9 Kecerdasan tersebut adalah:

1. Kecerdasan linguistik (bahasa),

2. Kecerdasan matematis-logis (kognitif)

3. Kecerdasan gambar dan ruang (visual-spasial)

4. Kecerdasan Musik

5. Kecerdasan Gerak (Kinestetis)

6. Kecerdasan bergaul (interpersonal)

7. Kecerdasan diri (intrapersonal)

8. Kecerdasan alam

9. Kecerdasan Eksistensial (spiritual)MI Munif ChatibKebetulan saya juga membaca buku lain tentang Kecerdasan Majemuk ini, jadi semangat. Saya coba perhatikan pada Humaidah dan belajar untuk memberikan stimulus yang tepat. Nah, saya manfaatkan kunjungan ke Kidzania sebulan yang lalu itu (Selasa, 17 Maret 2015). Kali ini Humaidah akan main bersama sepupunya, Kakak Hana. Bank BCA KidzaniaPertama masuk kita mulai dengan menukar cek dengan 50 Kidzos. Biasanya kami sudah menentukan apa saja yang akan kami kunjungi dan kami pilih yang kosong terlebih dahulu. Pertama, Humaidah minta siaran di Gen FM, siaran di radio ini sepertinya menjadi favorit bagi Humaidah soalnya terakhir sebelum pulang dia juga minta masuk lagi bareng kakak Hana. Sedangkan Kakak Hana memilih menjadi reporter di Kompas, dia memang hobi menulis dan beberapa buku karyanya juga sudah terbit, jadi tidak heran kalau dia senang belajar menjadi reporter di establisment media ini.Jadi Reporter di KOMPASSetelah itu, tidak sengaja kami masuk ke gedung Teater Kidzania. Ini pertama kali untuk Humaidah, saya pikir dia tidak akan betah lama-lama menonton, tapi ternyata dia sangat terkesima dan tidak mau diajak keluar sampai pertunjukan selesai. Saya tawarkan, apakah Humaidah mau berperan di atas panggung seperti itu? Dengan antusias dia mau! Wow! Humaidah belum pernah naik panggung selama ini, saya dan suami “khawatir” kalau-kalau nanti dia minta turun. Kami menunggu jadwal pertunjukkan berikutnya.

Nonton Alice Performance di Acting Academy

Serius menyaksikan pertunjukan “Alice in the Wonderland”

Daaaannn saya merasa bersalah karena sudah “suudzon” dengan rasa khawatir tadi, Humaidah tampil dengan percaya diri dan terlihat sangat senang berada di atas panggung. Pertunjukkan kali ini adalah Peterpan, Humaidah kebagian peran sebagai Tinkerbel. Dan kakak Hana juga ikutan berperan sebagai anak hilang. Saya dan suami menyaksikan pertunjukkan ini dengan sangaaaatt senang. Alhamdulillah, anak yang belum sekolah ini berani tampil depan banyak orang.

9

Pulang ke rumah dia selalu menonton video rekaman pentasnya dan minta kesana lagi. InsyaAllah kunjungan berikutnya di bulan Mei 2015, sekalian mau cobain tiket barunya Kidzania yang lebih murah, namanya Tranzit. InsyaAllah.

Salon Time

Salon-salonan

Naik Pesawat Garuda

Mau naik pesawat Garuda. Kakak Hana jadi pilot dan Humaidah penumpangnya.

Kidzania JakartaKira-kira apa kecerdasan yang menonjol dari anak kita? Yuk, kita belajar dan stimulus terus menerus. Pengertian dan detil mengenai Kecerdasan Majemuk ini sudah banyak dibahas di internet dan buku kok… Semoga bermanfaat ya … Vivi Nafisah

Advertisements

2 thoughts on “Kidzania: Mengarahkan Minat dan Bakat Anak

  1. Pingback: Blogger & Journalist Writing Competition Winners “Kidzania & Cap Kaki Tiga Anak” : Alhamdulillah, Juara 2! | Anak Jempolan

  2. Pingback: Police Station Cap Kaki Tiga Anak di Kidzania: Kenalkan Nilai Kebenaran Pada Si Kecil | Anak Jempolan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s