Kupu-kupu si Ulat yang bertobat

Lihatlah Ibu! Kupu-kupunya cantik sekali! Ada yang merah, biru, kuning, hijau… Awalnya, mereka hanya seekor ulat yang rakus lho! Bagaimana ya binatang ini bisa berubah menjadi secantik itu? (Ensiklopedi Bocah Muslim, jilid Burung dan Serangga)

Lalu kenapa kupu-kupu disebut sebagai ulat yang bertobat? Penjelasan dalam buku Ensiklopedi ini juara banget!! Umi cinta banget karena semua ilmu pengetahuan dijelaskan dengan penjelasan Islam juga. Misalnya tentang Kupu-kupu ini.

Pada proses metamorfosis, ketika menjadi ulat, ia makan daun hingga 86.000 kali lipat dari besar tubuhnya, makanya dibilang rakus, hehe. Dan pastinya mereka sering merusak tanaman petani. Nah pada fase menjadi kepompong inilah ia bertobat, ia berpuasa selama berhari-hari, menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan rakus lagi. Setelah lama berpuasa, akhirnya Allah SWT memberinya sayap dan warna yang indah …. dan ia bisa terbang! Walaupun masih mengambil makanan dari bunga-bunga tapi ia tidak merusak… Jadi dengan berpuasa, ia menjadi makhluk yang BAIK. Begitu pula dengan manusia. Dengan berpuasa semoga kita bisa menjadi hamba yang lebih baik.

Top yaa penjelasannya! Dan Umi suka semua jilidnya … Dalam buku Ensiklopedi Bocah Muslim ini juga ada aktivitas-aktivitas berkaitan dengan materi yang bisa kita praktekkan di rumah, misalnya membuat kupu-kupu dengan meneteskan cat air di satu sisi saja, lalu dilipat dan jadilah kedua sayap yang simetris, untuk hiasannya bebas, seperti yang umi buat lagi bersama Humaidah 🙂

Vivi Nafisah

Advertisements

2 thoughts on “Kupu-kupu si Ulat yang bertobat

  1. Pingback: Ramadhan Crafts | Anak Jempolan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s