Kisah Nabi Ismail a.s. dan rangkaian kegiatan Dzulhijah

Kisah Nabi Ismail a.s dan Air Zamzam

Bismillahirrahmanirrahiim, awal Oktober kemarin umi membuat rangkaian cerita untuk memperkenalkan makna idul kurban pada Humaidah. Buku cerita tentang bayi Nabi Ismail a.s ini adalah salah satu favorit Humaidah sebagai cerita pengantar tidur. Dan aktivitas ini terinspirasi dari muslimah mama di seluruh dunia yg memperkenalkan sejarah Islam dengan membuat diorama sederhana sebagai materi bercerita. Umi dibantu mewarnai unta oleh Humaidah sebelum tidur. Setelah aktivitas ini Humaidah semakin hapal dengan kisah Nabi Ismail sewaktu bayi. Alhamdulillah.

Bahan yg digunakan adalah: Pasir, homemade dough, garam berwarna biru, boneka kertas, daun2an (kebetulan lagi di rumah mama dapetnya daun cemara, padahal di gurun kan ga ada cemara yah, hihi)

Miniatur Ka’bah

Sederhana, seperti yg dilakukan ibu muslim lainnya, mencoba memperkenalkan bentuk Ka’bah Baitullah kepada Humaidah, dalam rangkaian cerita Idul Adha. Janji bikin ini beberapa hari lalu dan ditagih, Alhamdulillah kesampaian. *maaf kalo buatannya kurang rapi.

DIY Ka'bah Craft

Umi juga menceritakan tentang bagaimana Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail membangun Ka’bah. Selain itu umi juga menceritakan sekilas tentang tentara bergajah yang ingin menghancurkannya. Dan yang pasti sedikit tentang Haji, kemana orang pergi berhaji?

Puzzle Hijaiyah

Puzzle Hijaiyah

Yang umi inginkan sekarang hanya mengajak Humaidah bermain sambil mengenalkan kepadanya betapa indahnya Iman dan Islam, semoga Humaidah menjadi manusia yang selalu belajar dan mencintai Islam, doa yang sama juga untuk teman-temannya yang lain. Amiin..

Vivi Nafisah

Advertisements

One thought on “Kisah Nabi Ismail a.s. dan rangkaian kegiatan Dzulhijah

  1. Pingback: Ramadhan Crafts | Anak Jempolan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s