Cemilan untuk Anak dengan Alergi Makanan (cemilan Humaidah part 1)

Sekarang umi mau sharing beberapa foto cemilannya Humaidah. Ini dibuat dengan resep-resep yang di modifikasi, pastinya tanpa telur, susu, mentega. Ada yang menarik, kue semprit dan nastar yang dibuat dalam edisi lebaran, Tadinya gak yakin bisa bikin nastar ini tanpa telur, susu, mentega, Alhamdulillah ternyata rejeki Humaidah bisa makan kue lebaran enak … Hihihi…

Beberapa dari resep ini umi membuatnya bersama Humaidah ataupun umi sendiri. Apapun rasanya, Humaidah doyan dan happy karena dia juga punya cemilan selain baby choice lho! Ohya, selain cemilan2 ini, favorit Humaidah saat ini adalah Kurma, manisan lidah buaya, dan buah2an lainnya. Semoga Humaidah sampai dewasa nanti terbiasa dengan makanan bersih dan sehat… Amiinn… Doanya ya teman2…

Update :

Resep Oatmeal Pancake favorit nya Humaidah:

Bahan:

– 10 sendok makan terigu (saya pakai cakra kembar)

– 5 sendok makan oatmeal (boleh yg instan ataupun yang dimasak)

– 6 sendok makan gula pasir

– 1 sendok makan sun flower oil (minyak bunga matahari)

– 1/4 sendok teh garam

– sedikit taburan kayu manis bubuk

– air matang secukupnya

– Topping sesuai selera (selai, kurma, ceri, kismis, atau buah2an lainnya)

Caranya:

Campurkan semua bahan dalam 1 wadah, air secukupnya sampai kekentalan adonan yang diinginkan (minyak terakhir), lalu cetak di atas teflon tanpa minyak. Ajak anak membuat pancake ini bersama2 ya.. pasti lebih enak jadinya. Hehe

**********

Resep Nastar / Semprit:

Bahan:

– 425 gram terigu segitiga biru

–  75 gram maizena

–  75 gram gula halus

– 300 ml sun flower oil (minyak bunga matahari)

– 1/4 sendok teh garam

– air matang secukupnya

– Isi kue / topping sesuai selera (selai nanas (dibuat dari nanas parut+gula+garam yang dimasak sampai menggumpal), kurma, ceri, kismis, atau buah2an lainnya)

Caranya:

Kocok gula halus dan minyak sun flower dengan mixer. Campurkan dengan terigu, maizena, garam, dan air secukupnya sampai adonan kalis, lalu cetak dengan semprit atau untuk kue nastar bentuk dan isi sesuai selera. Panggang di oven hingga matang (sekitar 15-20 menit)

Semoga bermanfaat ya…

Vivi Nafisah

16 thoughts on “Cemilan untuk Anak dengan Alergi Makanan (cemilan Humaidah part 1)

  1. Assalamualaikum
    Trima kasih atas kumpulan resepnya. Anak saya 20 bln juga di diagnosa alergi pet, food, house dust mite alergi. Dan semua buah juga harus hati hati. Masih tahap diit provokasi, tiap minggu blm ada yg cocok dg buah yg di konsumsi. Semoga selalu bertambah resepnya

  2. Pingback: Anak Alergi Anak Sehat Kok! | Anak Jempolan

  3. Ass mba…
    Mba beli sun flower oil dmn y? Saya tinggal di bogor. Bisa minta resep makan yg di atas mba..
    Karna anak saya yg kedua ini didiaknosa dokter pencernaan alergi susu sapi. Namanya alea skr umurnya 1 thn 2 bln. Alea pd awal nya asi full. Bab nya sminggu skali tp tinjanya bagus. Tapib stelah mulai makan tambahan. Alea sering panas dan ternyata bab nya tdk keluar. Pd saat umur 9 bln disuruh dokter anak di bgor dikasih susu formula. Tp ko bab nya makin parah. Suka sambil nangis2. Sedih bngt ngeliatnya…kl bisa dituker knp g saya aja yg sakit seperti itu. Akhirnya saya browsing. Dpt dokter ahli pencernaan di jkt. Stelah ktemu dokter pencernaan , alea didiaknosa alergi susu sapi. Dan hrs minum obat stiap hari sampai umur 1 thn stengah. Kasian liat alea . dia pngen makan kyak kaka nya tp g boleh. Bnyak pantangamnya. Sampai2 berat badannya tdk naik2 malah cenderung turun
    . makanya pas saya liat blog mba. Mudah2an saya bisa buat nya….maaf y mba kl curhat.

    • Waalaikumsalam mba Bunga… maaf ya saya baru saya lihat komennyaa…

      Ya mba. insyaAllah mba diberi banyak sabar dan Alea bisa segera hilang alerginya…

      tapi saya minta maaf. untuk resep2 kue yg ada di postingan ini tidak tersimpan, saya dulu dpt dari mertua dan saya udah gak buat lagi… tapi saya menulis resep pada postingan2 berikutnya… maaaf yaa..

  4. Pingback: Cemilan Untuk Anak Alergi (part 4) | Anak Jempolan

  5. aslkm mbk saya bisa share resep yang tertera semua di blog ini ngk?anak saya jg alerginya susu sapi and soya jg, plus dermatitis atopik jd saya hanya kasih makan nasi,sayur,buah,sanggar pisang dan singkong, ,,mohon bantuan resep yang lain lagi yah mbk,,,thanks banget atas informasinya, ,wlkm

  6. Pingback: Cemilan Humaidah (part 3) | Anak Jempolan

  7. Pingback: Cemilan Humaidah | Anak Jempolan

    • Halooo mba Shintaa,,,, aduuhh mba baca komennya aku langsung berkaca2…. semoga anaknya mba juga bisa ilang alerginya ya mba,,, saling doa… aku ga bisa bikin mbaa,,, apalagi utk dijual,, hehe

  8. Alhamdulillah,akhirnya q menemukan blog ini…trimakasih byk,ini pasti membuat buah hatiku senang,yg alergi susu sapi dan telur

  9. Mbak vivi,
    Boleh di share resep nastar,kue semprit banana cupcake nya?
    Anak saya jg alergi susu sapi,telur n mentega.
    Bingung buat cemilan untuk anakku.
    Terima kasih mbak

Leave a Reply

