Aktivitas Sederhana Melatih Motorik Halus Balita (Rangkuman)

Aktivitas berikut ini adalah aktivitas yang dapat melatih morotik halus pada anak. Karena setiap aktivitas ini melibatkan otot-otot kecil pada tangan si anak. Menurut pengetahuan saya, perkembangan motorik halus juga merangsang perkembangan otak anak. Ia akan terbantu ketika belajar menulis sehingga memudahkan proses belajar anak kelak. Selain itu juga membantu dalam kehidupannya sehari2, misalnya memakai baju atau celana sendiri. Tentunya harus diimbangi dengan perkembangan motorik kasarnya. Maka dari itu, saya selalu mensiasati, setiap hari setidaknya ada 1 aktivitas motorik halus dan 1 aktivitas motorik kasar.
Saya merangkum aktivitas2 untuk melatih motorik halus tersebut pada postingan kali ini, hampir semuanya sudah saya lakukan pada Humaidah sejak ia bayi sampai sekarang (2 tahun 10 bulan). Humaidah pun sudah bisa menggambar, walaupun masih sesuka hatinya tapi saya sudah bisa melihat bentuk2nya, dan Alhamdulillah ia juga sudah bisa memakai baju, resleting, kancing, dan celananya sendiri.

Aktivitas2 tersebut antara lain: (versi anakjempolan)
– Bermain playdoh,
– Meremas “ squeeze bottle”. Botol bisa diisi dengan cat air atau air saja.
– Memeras jeruk,
– Pura-pura mencuci piring (mainan2nya) dengan menggunakan sponge,
– Finger painting
– Bermain air dan balon yang diisi air
– Melukis,
– Mewarnai,
– Menggambar,
– Menyambungkan titik2 (tracing dot to dot)
– Memecahkan Plastic Bubble Wrap,
– Memegang jepitan jemuran, memindahkan material yang kecil2 dengan menggunakan jepitan
– Meronce, bisa dilakukan dengan mote2 dan tali sepatu, atau gunting kecil2 sedotan plastic dan ajak anak untuk merangkai menjadi kalung atau gelang.
– Memasang tali sepatu, permainan ini bisa beli jadi atau bikin sendiri di rumah.
– Mainan menjahit, buat pola dengan karton, gunting dan buat lubang di sekelilingnya. Siapkan tali kur atau tali sepatu, ajak anak untuk menjahit di pola yang sudah dilubangi.
– Merobek, menggunting dan menempel, saya sering membiarkan Humaidah berkarya sendiri, ia akan menggambar di kertas, lalu ia robek atau gunting (dengan gunting plastic) lalu ia beri lem dan temple-tempel sesukanya.
– Memotong, banyak mainan untuk aktivitas ini, biasanya terbuat dari kayu dan bentuknya macam2, misalnya buah, sayur, roti, atau kue ulang tahun. Atau bisa juga melibatkan anak untuk membantu memotong buah dan sayur menggunakan pisau plastic.
– Menyusun balok,
– Bermain Lego
– Merapikan mainan, dll
– Menyendok pompom / water beads atau material lainnya yang kecil2 dari dalam air, lalu dimasukkan ke wadah lainnya.
– Menuang air dari beragam wadah ke dalam 1 wadah besar

Aktivitas diatas adalah kegiatan yang mungkin terlihat mudah dan sederhana, tapi untuk anak-anak kita menjadi hal yang berpengaruh terhadap perkembangan mereka, dan tentunya menyenangkan. Saya sendiri masih terus berusaha untuk bisa maksimal melatih Humaidah dan berusaha meminimalkan waktu bermain Humaidah dengan gadget. Saya pernah membaca sebuah artikel bahwa anak yang terlalu sering bermain gadget pun akan mengalami gangguan perkembangan motorik halus. Makanya kalau sudah sibuk dan menyumpal Humaidah dengan gadget seharian, saya akan membalasnya keesokan harinya dengan full bermain bersamanya. Pasti banyak aktivitas lain yang lebih seru dan kreatif yang teman-teman lakukan di rumah. Dan kita yang lebih tahu bagaimana cara bermain dengan anak sendiri 🙂
Semoga bermanfaat ya…
Vivi Nafisah

 

Advertisements

One thought on “Aktivitas Sederhana Melatih Motorik Halus Balita (Rangkuman)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s