10 Favorite Gross Motor Activities

10 Jenis Permainan Favorit Humaidah berikut ini merupakan permainan yang mengembangkan motorik kasar anak. Permainan ini melibatkan dan membantu mengembangkan kemampuan / kekuatan otot-otot besar yang ada di tangan, kaki, dan seluruh tubuhnya. Selain itu, permainan ini juga merangsang kecerdasannya. Dan pastinya HAPPY!

1. Main Sepeda, Humaidah mulai bermain sepeda umur 1 tahun. Sampai sekarang sepeda adalah permainan favoritnya. Kegiatan mengayuh akan melibatkan koordinasi mata dan kakinya. Sekarang Humaidah sudah bisa maju dan mundur tanpa takut2 lagi.

2. Main bubble, saya belum pernah membuat bola sabun sendiri, jadi masih selalu beli dan harus stock. Humaidah baru bisa meniup bubble sesekali saja, belum bisa berulang2. Tapi ini menjadi permainan favorit Humaidah, karena ia akan meletuskan bubble2 yang ditiup oleh Aba, Saya, Kakek atau sepupunya Kakak Hana.Pada aktivitas ini melibatkan  koordinasi mata, tangan, dan kakinya

3. Loncat-loncat, Humaidah senang sekali melompat2, di atas kasur atau dari box mainan turun ke bawah atau dari kursi ke bawah. Boleh juga dicoba permainan tradisional zaman kita kecil dulu, “taplak”. Keseimbangan, koordinasi mata, tangan, dan kaki akan terlatih dalam permainan ini.

4. Bermain Air, anak-anak pasti senang bermain air, termasuk Humaidah. Saya suka mengajaknya bermain air di kolam tiup. Sesekali saya masukkan balon2 berisi air. Pada aktivitas ini, anak akan menghentak2 kakinya, meremas, dan melempar balonnya.

5. Bernyanyi dan Menari, Humaidah senang sekali aktivitas ini, ia akan menggerakkan semua anggota tubuhnya sesuai irama.

6. Bermain Bola atau balon, ada banyak jenis permainan dengan bola, misalnya, saya letakkan keranjang kurang lebih 50 cm di depan Humaidah dan memerintahkan ia untuk melempar bolanya ke dalam. Selain itu saya juga mengajak Humaidah bermain ballon tennis, waaah dia senang sekali.

7. Petak Umpet, pada permainan ini, anak akan mencari lawan mainnya. Ia akan berpikir, berlari, melibatkan koordinasi mata, otot tangan dan kakinya.

8. Olahraga, sejak Humaidah bayi, Saya suka mengangkat2 kakinya, tangannya, sambil berhitung. Sampai sekarang dia menyebut olahraga dengan gerakan2 seperti itu, angkat kaki, jalan di tempat, lari di tempat, menggerak2an kepala, sambil berhitung.

10. Bercanda, Sejak bayi, Saya suka mengajak bercanda Humaidah, kalau sekarang biasanya saya angkat badannya ke atas atau di tempat tidur saya letakkan badannya di atas badan saya, sesekali Saya ayun-ayun di kaki.

Selamat bermain yaaa.. Cuma emang kalau udah main yang menguras tenaga seperti ini, Emaknya yang capek duluan 😦 Tetap semangaatt!!! Semoga Humaidah dan anak2 lainnya tumbuh dengan sempurna menjadi anak yang berkarakter baik, soleh, soleha… Amiinn

Vivi Nafisah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s