15 Favorite Imaginative Plays

Hampir setiap hari atau bisa dibilang wajib bagi anak seumur Humaidah (2 tahun 8 bulan) bermain khayalan atau permainan imajinasi atau permainan kreativitas atau bermain peran. Katanya sih ada teman khayalnya, tapi  gak ngerti sama sekali tentang itu dan katanya anak yang suka bermain imajinasi memiliki kecerdasan yang tinggi, Amiinn…Yang pasti adalah permainan imajinasi atau bermain peran bermanfaat untuk: (versi anakjempolan)

Yang pasti adalah permainan imajinasi atau bermain peran bermanfaat untuk: (versi anakjempolan)
– merupakan sensory activity yang melibatkan seluruh panca indera anak
– melatih motorik halus dan motorik kasar anak
– membantu anak mengembangkan imajinasinya,
– mengatasi masalah,
– mengekspresikan diri atau perasaannya,
– menyalurkan minat
– meniru / imitasi adegan yang ia lihat dalam kehidupan nyata
– membangun rasa percaya diri
– membentuk karakter
– secara keseluruhan, aktivitas ini bermanfaat untuk perkembangan otak dan fisiknya

Sekarang saya mau berbagi apa saja permainan imajinasi yang selalu dilakukan Humaidah.

1. Bermain Playdoh, wah kalau main playdoh anak ini sudah paling anteng, macam2 permainan dengan playdoh yang Humaidah mainkan ada di web anakjempolan kategori Play Dough. Dan banyak lagi yang tidak sempat Saya dokumentasikan. Diantranya adalah membuat beragam jenis makanan (pastel, cupcake, eskrim, spageti, kue ulang tahun, dll), membuat orang2an, dll. Playdoh adalah permainan yang murah meriah, aman, dan bermanfaat bagi perkembangan otak dan fisiknya, karena dengan meremas2 playdoh, otot2 tangannya yang mungil akan terlatih sehingga baik untuk perkembangan motorik halus anak.

2. Bermain boneka, biasanya anak perempuan seperti Humaidah senang sekali bermain boneka. Humaidah akan berperan menjadi “mama” atau “kakak” bagi boneka2nya.  sih ikutan nguping aja, trus ngintip2 deh, seru banget lho mainnya. Dia berkomunikas dengan boneka2nya dan menyusun cerita seperti kehidupan nyatanya. Misalnya, bonekanya mau makan, bonekanya sakit, diajak ke mall atau superindo pakai stroller, mandi, ganti pampers, dll. Perlakuannya kepada boneka persis perlakuan  kepada dia. Kadang Humaidah suka ajak boneka2nya nonton bareng lho… so sweeet bangettt…

3. Bermain masak-masakan, tempo hari, Humaidah main ke rumah temannya, Samarra, lalu bermain kitchen set. Ketika Abanya mengajak dia ke toko mainan di pasar, ditanya mau apa, dia jawab “masak2an kayak Samarra”. Dan mainan ini jadi favorit banget, Humaidah akan tanya sama Saya atau Abanya, “Saya / Aba mau dibikinin apa?”, lalu ia akan memasak pesanan tersebut dan menyajikannya di atas piring. Sampai suatu ketika dia pernah minta dibuatkan topi masak2an (topi koki) entah dia dapat ide darimana, cara membuatnya ada di sini.chef hat anak jempolan4. Bermain mobil2an, eiittss untuk yang ini gak pakai mobil2an lhoo…. tapi menggunakan keranjang pakaian. Humaidah akan susun boneka2nya lalu ia menyetir di bagian paling depan.  juga suka heran, kok bisa ya anak kecil berimajinasi seperti itu. Dan walhasil, keranjang itu sudah tidak boleh dipakai sama Saya karena itu mobilnya Humaidah5. Bermain dokter2an, waktu itu tiba2 Humaidah minta mainan dokter2an,  lupa nih, pernah liat dimana, akhirnya Abanya beli di pasar, jadilah ini mainan favoritnya, sampai Saya dan Abanya diperiksa. Semoga bisa jadi dokter beneran nanti yah…

6. Bermain gadget2an,Humaidah punya ipad, smartphone, dan telepon rumah sendiri lho. Ia akan beraksi seperti sedang menelpon atau mengoperasikan semua perangkat itu seperti sungguhan. Canggih kan anak jaman sekarang?

7. Bermain pesta ulangtahun, awalnya Saya ajak Humaidah bermain pesata ulangtahun bersama boneka2nya, lama2 ia lanjutkan imajinasinya dengan memotong puzzle kayu menjadi kue ulangtahun. Melihat Humaidah suka memotong2 puzzle, Abanya membelikan mainan kue ulangtahun yg bisa dipotong2. Seringkali Aba dan Umi ikutan bermain dan menjadikan mainan lainnya sebagai kado ulangtahun.

8. Bermain sekolah2an, Humaidah akan berperan sebagai guru dan menyusun boneka2nya rapi untuk menjadi muridnya. Sesekali menjadi murid dan meminta Saya untuk berdiri menjadi ibu guru. Ini dia lakukan meniru kegiatannya di Rumah Main Funday yang Humaidah ikuti sebagai sarana sosialisasinya sebelum Humaidah sekolah.

9. Bermain balok kayu, kalau untuk mainan dari kayu,  Saya pilih yang paling aman bahannya. Permainan ini banyak manfaatnya lho, bisa dilihat di web anakjempolan  tentang Wooden Blocks.

10. Bermain setrika2an, Humaidah suka menyetrika baju boneka2nya atau ketika Saya merapikan pakaian kering, ia akan minta 1 baju untuk ia setrika dan langsung dimasukkan ke lemari. Rapi kan? Semoga sampai besar Humaidah bisa bantu Saya terus ya.. amiinn…

11. Bermain selendang, naah dari selendang ini bisa jadi banyak permainan lho. Humaidah pernah meminta Saya untuk menutup area bermainnya dengan selendang, maka jadilah bermain rumah2an. Ia juga selalu meminta Saya untuk memakaikan kerudung lalu ia mengaji atau sholat. Dan tentunya selendang akan dipakai untuk menggendong bonekanya, karena Humaidah pernah lihat sepupunya digendong seperti itu. Kemarin Humaidah lagi suka bernyanyi butterfly, Saya buatkan sayap kupu-kupu dari selendang dan dia suka…

12. Mendongeng, Menggambar, Mewarnai, Humaidah tertarik kalau dibacakan cerita. Tapi, kalau cerita dari buku hanya sebentar saja. Humaidah lebih suka kalau Saya bercerita tentang kejadian yang baru saja dialami. Humaidah akan meniru bercerita kepada kakek atau neneknya, seringkali kalau Abanya pulang kerja, Humaidah akan laporan apa saja yang ia lakukan bersama Saya di rumah, walau laporannya kadang suka lebay sih… Hehe…Kalau menggambar sudah jadi santapan harian Humaidah, ia akan mengambil sendiri peralatan gambarnya, menggambar sesuka hati dan laporan ke Saya apa yang sudah ia gambar. Dan hasilnya selalu mengagumkan lhoo… Ohya, Saya juga tidak melarang Humaidah corat-coret di tembok kamar, tapi hanya di kamar, tidak boleh di ruang tamu.

13. Bermain Dandan2an, waktu itu Saya sempat heboh dandan, Humaidah suka ikutan. Humaidah suka menirukan berdandan di depan kaca, memakai lipstick, bedak, blushon, eyeshadow, eyeliner, dia hafal semua nama2nya dan dimana harus dipakainya… Seruunya punya anak perempuan yaaa…

14. Bersih-bersih rumah,  Humaidah suka pura2 menyapu lantai menggunakan apa saja yang ia pegang, menggunakan kertas, buku, kain, atau tisu. Umi juga suka minta Humaidah untuk lap mainan2nya dengan menggunakan tisu basah. Dan Humaidah senang sekali melakukannya, sampai gak mau berhenti… atau bisa juga dilakukan permainan pura2 mencuci piring atau perlengakapan lainnya.

15. Bermain Princess, Humaidah paling suka kalau Saya pakaikan baju dress, ia akan berputar2 dan bilang, “princess ya Mi…”. Saya membuatkan Humaidah mahkota dan perhiasan putri. Kalung2 yang Saya buatkan disimpan rapi oleh Humaidah, dan selalu ia pakai bermain. Senangnya…

Masih banyak permainan imajinasi yg dilakukan Humaidah, namun 15 diatas adalah favoritnya sampai saat ini. Kalau teman2 yg lain bagaimana? Share yuk…

Vivi Nafisah

Advertisements

6 thoughts on “15 Favorite Imaginative Plays

  1. Pingback: Permainan Imajinasi Favorit | Mommies Daily

  2. mak Vivi salam kenal yaa… wooow blogmu super keren mak.
    salam kenal buat Humaidah yg cantiik ^^ berapa tahun mak usianya Humaidah? aku juga punya anak perempuan nama belakangnya Huwaidah mirip ya dengan Humaidah, hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s