Spooning Activity

Melanjutkan main pasir tempo hari, saya ajak Humaidah untuk menyendok printilan2 mattrasnya yang kecil2 dan berwarna-warni lalu dimasukkan ke dalam tabung (botol air mineral yang saya pangkas atasnya).

Kegiatan ini cuma salah satu dari sekian banyak ide yang diajarkan di sekolah2 dengan basic terori Montessori  (sebagian juga sudah saya post). Dalam kegiatan menyendok (spooning activity) ini bahan yang digunakan bisa bermacam2, bisa kelereng, water beads, pom2, mutiara yang besar2, dll. Kebetulan saya gak punya itu semua .. hihi…Spooning Activity

Nah, kemarin habis bongkar2, ada printilan2 mattras angkanya Humaidah yang saya simpen sejak dia suka masukkin ke mulut semua yang kecil2 dan gak bisa diomongin. Saya masukkan ke dalam box berisi air dan membiarkan Humaidah mentransfer dengan sendok ke dalam tabung, sampai habis, lalu dituang kembali, berulang2 kali. 

Saya gak ingat waktu saya TK dulu itu belajar apa aja yah, tapi yang pasti ngacak2 apapun di rumah gak dilarang dan mungkin itu yang membantu perkembangan kita. Kalau sekarang, kita menyediakan sensory bin untuk permainan2 macam ini, mungkin sebagai ganti daripada anak bongkar2 segala macem (hihi emak2 gak mau capek) … Tapi sesekali boleh lah…

Jadi, Montessori Practical Life bisa kita lakukan di rumah semua lhooo …

Selamat Mencoba yaa Moms …

Vivi Nafisah

Note:Bahan dari permainan ini bisa diganti dengan Pompom

Leave a Reply

