Pretend Play: At The Zoo

Permainan ini termasuk yang tidak sengaja dibuat seperti ini. Karena sore kemarin Humaidah rewel gak jelas, saya ajak dia untuk bermain dengan kertas origami. Saya nyontek dari buku yang saya beli tempo hari untuk membuat beragam binatang. Hihihi, seru juga, gampang2 susah ternyata. Humaidah seru aja ngeliatin saya lipat lipet sambil ikut2an uwel2 kertas…

Ternyata lumayan banyak juga binatang yang saya bikin. Nah kebetulan punya rumput2an, akhirnya kita setting seperti di kebun binatang. Setelah selesai disusun, Humaidah berpura2 sedang berada di kebun binatang dan dia bisa memainkan binatang dari kertas itu sesuka hati. Hihi…tapi belum lama main eh ada tamu, berhubung mainnya di ruang tamu, akhirnya kita beres2 deh.

pretend play: At The ZooNah Pretend Play ini manfaatnya untuk anak adalah si anak bisa mengembangkan imajinasinya, kreativitasnya. Kalau kita menyebutnya mungkin seperti “main dokter2an, masak2an, jual2an, dll”. Biasanya si anak juga dibilang sedang bermain dengan teman imajiner / teman khayalnya.

Saya dapet dari sini, Why pretend play is important? Singkatnya begini:

  • Mengasah kemampuan bersosialisasi (peran sosial) dan emosionalnya
  • Mengembangkan kemampuan bahasa
  • Kemampuan berpikir (logis, kreatif, prilaku)
  • Mengembangkan Imajinasi

Kalau di rumah Humaidah sering sekali main masak2an, dokter2an, menjadi ibu untuk boneka2nya, jualan kue, dll. Seringkali dia mengajak saya bertukar peran, “umi jadi Indah, Indah jadi umi” begitu katanya. Saya akan berakting menjadi seorang anak begitupun dia akan berakting menjadi ibu, sampai suaranya di-dewasakan sama dia. Hehe …

Pretend Play apa yang bisa teman2 lakukan di rumah? Sharing yuk …

Vivi Nafisah

Leave a Reply

