Learn Sizes: Big and Small

Naah… ini yang seru… Umi selalu ngakak kalo denger Humaidah itu ngoceh atau cerita dan didalamnya ada kata2, “masih gede” dan “udah kecil”. Hmmm… emang sih saya belum serius mengajarkan dia untuk ukuran besar dan kecil. Kalau warna, bentuk, terang gelap, berat ringan, kosong penuh, Alhamdulillah Humaidah sudah paham, itu juga pelajarannya simple2 aja, dari buku atau saya ajarkan dalam aktivitas sehari2, sejak dia masih sangat kecil dan sudah bisa diajak berkomunikasi. InsyaAllah kapan waktu saya juga akan posting cara2nya untuk belajar itu semua. Banyak kok yang mudah dan seru pastinya. Teman2 juga pasti punya cara masing2.

Kali ini tujuan saya mengajarkan besar dan kecil, tapi permainan ini juga bisa untuk mengajarkan bentuk dan warna kepada anak2.

learn sizes (big & small)Bahan yang diperlukan:

– Kain Flanel atau kertas origami

– Mata2an, Manik2, glitter (atau hiasan lainnya)

– Lem

– Kertas HVS

– Karton untuk alas HVS nya, jadi ketika jadi nanti bisa dipajang lho …

Caranya:

– Bentuk pola (bentuk dan warnanya bebas, ukurannya besar dan kecil)

– Beri warna pola sesuai dengan media yang akan ditempel

– Gunting media (bahan/kertas) sesuai pola yang sudah digambar di HVS

– Berikan lem pada pola di HVS

– Ajak anak mengenal bentuk, warna, dan ukurannya terlebih dahulu

– Instruksikan anak untuk menempelkan guntingan bahan sesuai pola yang ada, sambil kita tanya, misalnya bulat besar mana? bulat kecil mana?

Pada permainan ini Humaidah sih gak sampai bosan, karena dia tau lagu lingkaran besar lingkaran kecil, jadi dia sambil bernyanyi deh. Fun lah pokoknya … apalagi ketika harus menempel mata, glitter, dan manik2. Hehe …

Selamat mencoba ya Moms ..

Vivi Nafisah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s