Melting Ice with Salt & Colored Water

Permainan ini mungkin lebih seru untuk anak2 yang sudah lebih besar dari Humaidah, yang lebih bisa dikasih pengertian …. Pokoknya waduuuhhhh … Kali ini benar2 ketawa ngakak karena rasa penasarannya anak ini untuk menumpahkan semua air berwarnanya. Cuma, gak rugi deh nyoba permainan ini, saya penasaran untuk hasil akhirnya, dan ternyata benar mengagumkan, walaupun rada sedikit gagal :(. Humaidah senang bermain es, tapi memang kalau udah main air atau main es itu sesuka hatinya, beda kalau bermain yang lain, dia masih bisa ikut instruksi dari saya.

melting ice with salt & colored waterBahan yang diperlukan adalah:

– Balok2 es + nampan yang memiliki tepi

Sehari sebelumnya saya mulai memasukkan 3 wadah yang diisi air ke dalam freezer, ternyata pas besoknya dikeluarkan, hanya 2 yang jadi, satunya masih agak cair, mungkin 2 hari kali ya, dan jumlah balok es yang ingin dibuat bebas, wadahnya juga bebas.

– Garam

Selain itu sediakan garam, banyaknya diperkirakan saja. Tadi saya hanya mengambil 1 sdm utk 2 balok es, teryata terlalu sedikit, mau ambil lagi udah heboh ngawasin Humaidah yang lagi “bereksplorasi”. Jadi untuk 1 wadah es (1 mangkuk) setidaknya sediakan 2 sampai 3 sendok makan garam.

– Pewarna

Untuk pewarnanya, bisa menggunakan cat air atau food coloring. Kalau saya memakai food coloring, 1 sdm ditambah air sekitar 1/4 cangkir.

– Pipet atau sendok (saya memakai sendok)

Caranya:

– Taruh balok es di nampan

– Taburkan garam di atasnya, diamkan beberapa saat sampai es meleleh dan berongga2, garam bisa terus ditambahkan jika ingin membentuk lubang pada es.

– Lalu teteskan pewarna sesuka hati

Hasilnya? Bisa dilihat sendiri, cantikkkk … dan mungkin kalau anaknya lebih besar bisa dijelaskan bahwa peristiwa ini adalah sebuah reaksi fisika (perubahan bentuk dari padat ke cair), es lebih cepat mencair pada suhu ruang, dan juga garam berperan untuk menurunkan titik leleh es batu, sehingga bagian es yg kontak dengan garam semakin cepat meleleh dan membentuk rongga. Waduuhh bahasaku bener gaak siih… ini juga hasil bertanya pada adikku tadi .. hihihi… Pokoknya penjelasan2 ilmiahnya mungkin bisa dengan bantuan buku atau googling kok …

Selamat bereksperimen yaaa Moms 🙂

Vivi Nafisah

Advertisements

2 thoughts on “Melting Ice with Salt & Colored Water

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s